Stasiun Kiaracondong

Oke teman-teman, kali ini kita akan membahas area Stasiun Kiaracondong, mulai dari fasilitas, tenant yang tersedia, dan layanan yang bisa kamu gunakan di area stasiun ini.


Stasiun Kiaracondong merupakan stasiun besar kelas C yang berada di DAOP 2 Bandung. Stasiun ini melayani perjalanan KA jarak dekat, menengah dan jauh. Untuk itu yuk langsung saja kita bahas :

1. Akses Pintu masuk dan Pintu Keluar

Kita awali dengan pintu masuk. Untuk akses masuk ke Stasiun Kiaracondong ada 2, yaitu pintu utara dan pintu selatan.  Berikut adalah gambarannya :

Pintu Utara

Pintu Selatan

Maaf ya teman-teman foto pintu utara sedikit kurang bagus, karena saat mengambil foto kebetulan dalam proses renovasi. Bagi kamu yang membawa kendaraan, sangat cocok untuk masuk dari arah pintu utara, karena disana lahan parkirnya cukup luas. Berikut adalah penampakan area parkirnya :

Namun jika ingin akses yang cepat dan tanpa membawa kendaraan, kamu bisa masuk ke arah pintu selatan. Untuk pintu keluar tetap sama, bisa lewat Utara dan Selatan.


2. Fasilitas Layanan

Nah untuk fasilitas pelayanan juga banyak tersedia ya teman-teman, kita akan bahas berdasarkan area stasiun. Kita mulai dari area utara :

• Ruang Customer Service

Posisi ruang Customer Service ada di arah pintu utara. Disini kamu bisa menyampaikan kepada petugas CS, terkait informasi yang belum kamu ketahui.

• Chek in Counter 

Kamu bisa melakukan print tiket keberangkatan di area Chek-in Counter, disini tersedia 4 mesin cetak yang bisa kamu gunakan.

• Ruang tunggu


Ini adalah gambaran ruang tunggu. Ruang tunggu ini tersedia di luar dan di dalam area stasiun. Disini tersedia cukup banyak tempat duduk ya temen-temen yang bisa kamu gunakan, saat antrian pemesanan tiket atau menunggu keretamu datang.

• ATM 


Untuk memudahkanmu mengambil uang, disini tersedia 1 mesin ATM Link dengan berbagai macam jenis bank.

• Area Loket 


Tersedia 3 pintu loket, yaitu 
- Loket 1 untuk pembelian tiket Go Show (Langsung), dan pembatalan
- Loket 2 dan 3 untuk pemesanan tiket KA semua jurusan, yang mulai buka pukul 09.00 - 16.00 WIB.

• Meja pelayanan Boarding


Tersedia 2 meja pelayanan untuk boarding masuk ke area dalam stasiun.

• Pos Kesehatan



Jika kamu sedang sakit dan membutuhkan pertolongan, segeralah ke pos kesehatan, karena disana sudah tersedia obat dan petugas poskes. Jangan ragu/ sungkan ya teman-teman, manfaatkan layanan ini, karena keselamatan dalam perjalanan sangatlah penting dan diberikan Gratis dengan menunjukan tiket perjalananmu.


• Ruang menyusui




Sebelah pos kesehatan tersedia ruang menyusui, ruangannya sangat privat, jadi sangat nyaman digunakan oleh ibu-ibu yang ingin menyusui anaknya.


• Area bermain anak


Sebagai wujud dalam meningkatkan pelayanan, PT. KAI juga menyediakan area bermain anak. Tentunya ini sangat efektif bagi orang tua yang membawa anak kecil, karena tingkat kejenuhan anak sangat tinggi saat menunggu.


• Mushala




Juga tersedia mushala dan tempat wudu' yang selalu dijaga kebersihannya oleh petugas Cleaning Service.



• Toilet


Tersedia 2 toilet untuk pria dan wanita.


• Pos pengamanan (PAM)


Sebelah toilet ada pos pengamanan yang selalu siaga untuk mengamankan area stasiun. Pos pam ini biasanya sebagai penempatan barang-barang yang tertinggal, baik dalam kereta maupun di area stasiun. Nah kalau kamu merasa ketinggalan barang bawaan, bisa menghubungi kantor pos pengamanan.


Kemudian kita lanjut ke pintu akses bagian selatan :


• Ruang tunggu



Di area selatan juga tersedia ruang tunggu, cukup luas ya teman-teman. Untuk ruang tunggu pintu selatan biasanya sering digunakan untuk penumpang KA Lokalan atau yang sering disebut KRD.



• Loket pintu selatan

Loket pintu selatan tersedia untuk pemesanan KA Lokalan.


3. Tenant yang tersedia

Jika kamu lapar atau haus, kamu bisa berbelanja di beberapa tenant yang tersedia di stasiun, diantaranya :

• Alfamart

Alfamart berada di dekat area parkir pintu utara, kamu bisa mampir terlebih dahualu sebelum masuk ke area dalam stasiun untuk bekal di dalam kereta.

• Indomaret

Berbeda dengan biasanya, untuk posisi Indomaret berada di area pintu selatan.

• Roti'o

Posisi Roti'o juga berada di area pintu selatan ya teman-teman, dekat dengan Indomaret. Jadi setelah beli minum langsung cus beli roti. Hehe

• Toko kue lembang bolu susu


Kue ini sangat recommended nih buat temen-temen yang pergi liburan ke bandung. Kuenya enak, banyak variannya juga, bksa buat oleh-oleh untuk keluarga di rumah, atau bisa juga untuk bekal di kereta.

• Area Merokok juga tersedia. Jadi untuk kamu yang perokok, bisa langsung ke area tersebut.


Nah itulah gambaran mengenai area Stasiun Kiaracondong. Sejauh ini sih masih belum ada perubahan, masih sesuai dengan artikel ini.

Tapi sepertinya artikel kita kebanyakan gambar yaa,, hehe,, tapi menurut saya sih gapapa, karena untuk menggambarkan situasi stasiun memang jauh lebih baik gambaran secara Visual, lebih jelas.

Nah, jika ada perubahan terkait area stasiun, dan saya berkesempatan untuk berkunjung kembali kesini, nanti artikel ini akan saya update kembali sebagaimana mestinya.
Semoga bermanfaat.
uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

2 Komentar untuk "Stasiun Kiaracondong"

  1. Untuk tempat penitipan barang belom adakah Di stasiun kircon?

    BalasHapus
  2. Jika ingin berpindah dari pintu selatan ke pintu utara (maupun sebaliknya) ada akses langsung? Atau harus memutar jalan?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel