8 Tips Untuk Mengantisipasi Virus Corona Saat Naik Transportasi Umum

Bebarapa bulan terakhir kita sering mendengar berita bahwasanya ada jenis penyakit/ Virus baru yang menyerang di sejumlah negara yaitu Corona (Covid-19). 

Mengutip dari detik.com , Dokter spesialis paru dari RS Umum Pusat Persahabatan Diah Handayani menjelaskan, bahwa 2019-nCoV adalah Virus yang menyerang sistem pernafasan, dan bisa menular lewat udara.



Foto ini diambil dari akun instagram @keretaapikita

Untuk itu kita perlu mengantisipasinya ya teman-teman, agar tidak tertular virus tersebut, apalagi saat menggunakan transportasi umum, salah satunya kereta api. Bagaimana langkahnya? Simak tips di bawah ini :


1. Jangan Panik

Jangan panik ya teman-teman, kita perlu tetap tenang agar bisa mempersiapkan diri dengan baik untuk mengantisipasi virus ini. Percayalah, setiap penyakit pasti akan ada obatnya, namun tentunya lebih baik mencegah daripada mengobati.

2. Bawalah hand sanitizer dan sering mencuci tangan

Bawalah hand sanitizer Atau tisu basah saat naik kereta api, sebagai antisipasi terhadap kuman atau bakteri yang menempel ditangan. Karena memang banyak sekali aktifitas yang kita lakukan saat menuju stasiun sampai dengan duduk di dalam kereta, seperti memegang uang, pegangan eskalator, ganggang pintu dan lainnya.

Tisu basah juga bisa kamu gunakan saat ke toilet, untuk membersihkan dudukan closet yang akan kamu gunakan. Jika tidak sempat membawa keduanya, cucilah tangan dengan bersih menggunakan sabun dengan air yang mengalir dan bersihkan dudukan closet dengan menggunakan Jet Shower.

3. Kurangi aktifitas memegang wajah

Selain melalui udara, penyebaran juga bisa terjadi lewat kuman yang menempel pada tangan. Untuk itu kurangilah aktifitas memegang bagian wajah, karena bisa saja kita lupa untuk mencuci tangan, atau lupa setelah mencuci tangan malah memegang kembali sumber kuman, seperti uang.

4. Bawa dan gunakanlah masker

Gunakanlah masker jika kamu dalam kondisi kurang fit/ sakit, seperti batuk, demam, sakit kepala, gangguan pernafasan, dan lainnya. Pastikan kamu sudah menggunakan masker dengan benar ya, untuk bagian luar adalah bagian masker yang berwarna, dan untuk bagian dalam berwarna putih yang menutupi dagu hingga hidung.

5. Hubungi kondektur atau petugas lainnya

Jika kamu sakit dan membutuhkan pertolongan untuk tindak lanjut, hubungilah kondektur yang bertugas. Selanjutnya kondektur akan menyampaikan kepada unit kesehatan yang ada di stasiun perhentian untuk dilakukan pemeriksaan kesehatanmu. Jangan pernah sungkan untuk meminta bantuan, karena kondektur dengan senang hati akan melayanimu.

6. Buanglah sampah ditempat yang sudah disediakan

Untuk menjaga kebersihan tempat dudukmu, buanglah sampah ditempat yang sudah disediakan, bisa di stasiun antara, atau kamu juga bisa memberikan sampah kepada petugas Cleaning Service yang sedang berkeliling untuk mengumpulkan sampah.


7. Menjaga kesehatan

Jaga kesehatan ya teman-teman, banyak tips atau cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan agar kondisi imun kita berada dalam level terbaik. Jalani pola hidup sehat, menjaga pola makan, konsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan berolahraga.

8. Berdo'a 

Setelah usaha terbaik kita lakukan, berdo'a lah kepada Tuhan, mintalah pertolongan agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Karena sesungguhnya sakit dan sehat adalah Tuhan yang mempunyai kuasa.

Nah itulah beberapa tips yang bisa saya berikan, tetap semangat teman-teman, semoga kita dan keluarga selalu dalam keadaan sehat dan bisa terhendar dari virus corona ini. Intinya jangan panik dan jalani pola hidup sehat. Semoga bermanfaat.

uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

2 Komentar untuk "8 Tips Untuk Mengantisipasi Virus Corona Saat Naik Transportasi Umum"

  1. Makasih sarannya miin..

    BalasHapus
  2. SEMOGA VIRUS CORONA INI SEGERA TERATASI, DAN KITA SEMUA BISA BERAKTIFITAS SEPERTI SEMULA. SEDIH MIN KONDISI SEKARANG.. :(

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel