Kondektur Kereta Api

Apa itu kondektur kereta api?

Ini adalah pertanyaan pertama yang akan saya jawab. Pertanyaan ini sering saya temui, baik dari DM/ pesan Instagram kondektur_Indonesia maupun yang menanyakan secara langsung saat bertugas.


Kondekturkai , kondektur kereta api , kondektur KAI , apa tugas kondektur kereta api , berapa gaji kondektur kereta api , bagaimana cara menjadi kondektur kereta api Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Konduktor atau penjaga adalah anggota awak kereta yang bertanggung jawab atas tugas operasional dan keselamatan yang tidak melibatkan pengoperasian kereta / lokomotif yang sebenarnya - Pengertian Kondektur - Apa tugas kondektur Kereta Api -

Kondektur merupakan salah satu profesi atau Front Linernya PT. KAI yang bertugas didalam perjalanan kereta api. Dipundak merekalah citra perusahaan dipertaruhkan, karena kondektur adalah pegawai yang paling lama bertemu dengan penumpang.

Oleh karena itulah mengapa PT. KAI sangat selektif dalam penerimaan pegawai (Kondektur), baik dari segi kesehatan, kecerdasan dan penampilan.

PT. KAI mengalami perubahan dan kemajuan yang cukup signifikan pada masa pimpinan Bapak Ignasius Jonan yang mana beliau juga menjabat sebagi Mentri. Perubahaan yang dialami diantaranya stasiun yang semakin steril, penumpang yang semakin tertib dan memikirkan kesejahteraan pegawainya.

Kemudian kepemimpinan dilanjutkan oleh Bapak Edi Sukmoro yang juga telah memberikan dedikasi dan kontribusinya terhadap PT. KAI, mulai dari penambahan rute perjalanan, kereta api baru, DDT (Double Double Track) dan kemudahan dalam pemesanan tiket yaitu melalui Aplikasi KAI ACCESS.

Kondekturkai , kondektur kereta api , kondektur KAI , apa tugas kondektur kereta api , berapa gaji kondektur kereta api , kondekturkai.com , kondektur , pakape ,  bagaimana cara menjadi kondektur kereta api, Diterjemahkan dari bahasa Inggris-Konduktor atau penjaga adalah anggota awak kereta yang bertanggung jawab atas tugas operasional dan keselamatan yang tidak melibatkan pengoperasian kereta / lokomotif yang sebenarnya - Kondektur ganteng - Kondektur Hits - Tugas Kondektur Kai - Pengertian Kondektur - Pengertian Kondektur KAI

Kondektur "New Image" adalah sebuah sebutan/ gambaran yang paling tepat dengan kondisi PT. KAI saat sekarang ini. Menjadi kondektur adalah salah satu profesi yang banyak diminati oleh masyarakat saat sekarang ini.

Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah pendaftar yang mengikuti seleksi untuk menjadi seorang kondektur melalui Website resmi dari PT. KAI. Lebih dari 90.000 (Sembilan Puluh Ribu) pelamar yang mengikuti seleksi untuk menjadi seorang Kondektur di bulan Februari 2019, dengan quota yang dibutuhkan hanya 68 orang.

Melihat perbandingan antara pendaftar dengan quota yang akan diterima, membuat PT. KAI  harus sangat selektif dalam memilih calon pegawai (Kondektur). Hanya peserta dengan kualitas dan nilai terbaiklah yang akan lulus dalam seleksi tes ini. Dimulai dari seleksi administrasi, kesehatan 1, psikotest, wawancara, dan kesehatan akhir.

Nah, dari ulasan diatas kira - kira apa ya pengertian dari kondektur?

Kondektur adalah seorang pegawai yang menemani penumpang selama dalam perjalanan yang bertugas untuk memastikan keamanan, kenyamanan, dan membantu masinis  dalam pemberangkatan kereta api, serta sebagai koordinator untuk petugas lainnya (Polsuska, Teknisi, Prama Prami, dan OTC/ petugas kebersihan kereta).

Dari pengertian diatas dapat kita simpulkan bahwa tugas kondektur tidaklah mudah, penuh tantangan dan mempunyai tugas yang sangat kompleks, baik dari sisi pelayanan maupun operasional.

Sudah siap untuk menjadi seorang kondektur?

Silahkan jawab di kolom komentar 😉

uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

3 Komentar untuk "Kondektur Kereta Api"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel