5 Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Toilet Kereta Api

Saat kamu naik Kereta api jarak jauh dengan waktu tempuh sekitar 3 hingga 10 jam perjalanan, tentunya kamu akan membutuhkan toilet saat ingin buang air kecil atau besar.

Dengan kondisi kereta yang terus berjalan membuatmu harus berhati - hati agar tidak jatuh saat menggunakan toilet.


Pada artikel ini saya akan berbagi tips  bagaiman cara menggunakan toilet di kereta dengan aman dan nyaman, berikut adalah tipsnya : 

1. Perhatikan tanda yang ada didalam rangkaian


Ini adalah salah satu rangkaian KA Eksekutif. Sebelum kamu ke toilet perhatikan tanda yang berwarna pada bagian kanan dan kiri atas.

Tanda tersebut berfungsi sebagai informasi untuk penumpang saat berada di dalam rangkaian, yang mana tanda berwarna merah menandakan bahwa toilet tersebut sedang digunakan dan untuk warna hijau menandakan bahwa toilet dalam keadaan kosong.

2. Awas Terjepit..!!


Kamu harus hati-hati saat membuka pintu toilet, jangan pernah membuka atau mendorong pintu dibagian tengah karna besar kemungkinan tangan kamu akan terjepit, gunakanlah kedua tangan dan dorong pintu pada 2 bagian sisi pintu toilet.

3. Pastikan Pintu Toilet Sudah Tertutup


Saat berdinas saya sering menemukan penumpang terkejut saat membuka pintu toilet, karena ternyata ada orang didalam toilet tersebut. Hal ini terjadi karena penumpang lupa mengunci atau hanya mengunci salah satu bagian yang mengakibatkan pintu dengan mudah terbuka.

Untuk itu, sebelum kamu menggunakan toilet, pastikan kamu sudah menutup pintu toilet dengan benar. Kamu harus mengunci kedua bagian tersebut seperti gambar diatas, agar pintu tidak bisa terbuka saat didorong oleh penumpang lainnya.

3. Gunakan Kloset Sesuai dengan Jenisnya


Hampir semua Kereta kelas Eksekutif menggunakan jenis kloset duduk. Untuk kamu yang biasa menggunakan toilet jongkok, cobalah untuk menggunakan toilet sesuai dengan jenis klosetnya.

Janganlah jongkok diatas kloset duduk, karena kamu akan mengalami kesulitan dan bisa terjatuh saat BAB, karena adanya pengaruh dari gerakan kereta api (goyang) saat berjalan, keselamatan adalah hal yang paling utama.

4. Bersihkan Kloset sebelum digunakan


Sebelum kamu menggunakan toilet, bersihkanlah dudukan kloset terlebih dahulu, bersihkan dengan menggunakan air dan tisu yang telah tersedia di dalam toilet. Supaya lebih steril, bawalah tisu basah untuk membersihkannya agar terhindar dari bakteri dan kuman yang menempel pada dudukan kloset.

Bagi kamu pria yang akan buang air kecil, angkatlah dudukan kloset agar tidak mencemari dudukan toilet tersebut dan sekaligus bisa meminimalisir percikan air seni agar tidak mengenai bagian celana.

Saat BAB, peganglah ganggang yang telah tersedia agar kamu bisa menahan getaran dan goyangan dari kereta. Setelah selesai menggunakan toilet jangan lupa untuk membilasnya kembali.

5. Jangan Membuang Benda Apapun Ke Dalam Kloset


Jangan membuang benda apapun ke dalam Kloset, karena bisa mengakibatkan toilet menjadi tersumbat dan tidak bisa digunakan oleh penumpang lainnya. Buang lah sampah pada tempat sampah yang telah disediakan didalam toilet.

Perhatikan juga sticker larangan yang ada di dalam toilet kereta ya, seperti dilarang merokok,  dilarang merusak fasilitas, dan yang lainnya.

Itulah 5 tips aman dan nyaman menggunakan toilet di dalam Kereta Api.  Semoga bermanfaat.


uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Toilet Kereta Api"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel