Tips dan Langkah Sukses Seleksi Kesehatan 1 (Awal)

Congratulation!!
Selamat buat temen-temen yang sudah dinyatakan lulus pada tahap administrasi, dan untuk kamu yang belum lulus tetap semangat yah, jangan pernah berputus asa, mudah-mudahan tahun depan masih bisa ikut lagi pada rekrutment berikutnya. Sesuai dengan judul kita, pada artikel kali ini saya akan berbagi tips dan langkah sukses seleksi kesehatan 1 (Awal), tips ini saya berikan berdasarkan pengalaman pribadi saat saya mengikuti seleksi di PT. KAI .

Mungkin bagi kamu yang baru pertama kali menghadapi tes kesehatan, pasti bertanya-tanya, apa saja ya yang akan diperiksa? dan untuk kamu yang sudah berpengalaman namun kemarin sempat gagal, mungkin bisa mengikuti tips di bawah ini.


1. Tinggi badan dan berat badan (TB/BB)

Tahap pertama yang akan diperiksa terlebih dahulu adalah tinggi dan berat badan, ini sesuai dengan persyaratan di awal ya teman-teman, yang mana berat badan harus ideal.  Untuk mengetahui ideal atau tidaknya TB/BB, kamu bisa memperhitungkannya sendiri, bisa melalui rumus di bawah ini :



Gambar diatas adalah rumusnya ya teman-teman, saya akan berikan 1 contoh soal untuk pengukuran idealnya berat dan tinggi badan.

Misalkan berat badan 70 kg dan tinggi 165cm, maka cara menghitungnya :
Berat = 70
Tinggi = 165cm = 1,65m

= 76 : (1,65 x 1,65)

= 76 : 2,7225
= 25 (Hasil)

Hasilnya adalah 25, jika dilihat dari ukuran tabel termasuk dalam ambang batas antara kategori normal & gemuk. Jika hasil BMI mu sama seperti di atas, saya sarankan untuk mengurangi sedikit berat badan, agar skornya normal dan ideal.



2. Tes kesehatan mata

Untuk pemeriksaan kesehatan mata, nantinya kamu akan disuruh untuk membaca huruf atau angka yang ditunjuk oleh panitia, dengan jarak pandang yang sudah ditentukan. Kamu akan diberikan penutup mata berupa kaca mata hitam yang terturup sebelah, dan dilakukan secara bergantian mata kiri dan kanan.

Untuk masalah mata seperti minus, silindris, dan yang lainnya, tentu hanya pihak panitia/ pihak kesehatan yang bisa menentukan standar penilaian. Namun yang saya ketahui, untuk formasi masinis tidak diperbolehkan mata minus/ menggunakan kacamata, karena formasi masinis standar penilaiannya adalah A.

Saran saya buat temen-temen yang mengambil formasi lain selain masisnis, tapi matanya minus sedikit dan berkacamata, jangan lupa membawa kacamatanya pada saat tes. Coba saja ikuti prosedur yang ditentukan oleh tim penilai.

Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan buta warna melalui buku khusus dan kamu harus mengikuti arahan dari tim penguji seperti gambar di bawah ini.



Nah untuk itu, sebelum menjalani tes saya akan memberikan sedikit tips, yaitu :

• Untuk sementara batasi dulu penggunaan HP atau laptop, apalagi kalau kamu seorang gemers, tentunya hal ini tidak bagus untuk kesehatan mata.
• Konsumsi buah yang mengandung Vitamin A
• Gunakan pembersih mata seperti in*to dan sejenisnya, agar pandangan mata menjadi lebih jernih.


3. Pemeriksaan GIGI


Yang menjadi penilaian penting disini adalah kebersihan dan kesehatan gigi, mulai dari karang gigi, gigi yang berlobang dan ompong.

Tipsnya adalah setelah kamu dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi, segeralah untuk memeriksa kesehatan gigi ke klinik Gigi. Bersihkan karang gigi yang menempel, kemudian jika ada gigi yang berlobang segeralah untuk ditambal. Jika tidak memungkinkan untuk ditambal, saya menyarankan agar dicabut saja, karena jika ada gigi yang berlubang tentunya tidak sehat, dan bisa berpengaruh dengan penilaian.

Sebelum berangkat tes, jangan lupa sikat gigi yaa.. Hehe

Pengalaman saya dulu waktu tes di instansi pemerintahan (Polri/TNI), untuk gigi ompong maksimal hanya 2 buah, mungkin ini bisa menjadi patokan ya teman-teman.



4. Ukur tensi


Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan tensi, pastikan kamu dalam keadaan tenang dan jangan gugup, karena kalau kamu gugup bisa jadi hasil tensinya akan tinggi. Untuk penilaian tensi ada 2, yaitu :
• Jika di bawah 90/60 mmHg, maka kamu termasuk penilaian tensi rendah (Hipotensi)

• dan nilainya 130/80 mmHg atau lebih, maka akan masuk ada penilaian Tensi tinggi (Hipertensi)


Tips agar tensimu tetap normal adalah

- Jangan lupa makan/sarapan sebelum pelaksanaan tes, karena jika tidak kemungkinan besar tensimu akan rendah, apalagi kalau tesnya di pagi hari.
- Tetap tenang, jangan banyak beraktifitas, dan jangan gugup, hal ini bisa membuat tensimu akan menjadi tinggi.


5. Pemeriksaan THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan)


3 bagian ini akan diperiksa oleh pihak kesehatan, nah untuk itu sebelum menghadapi tes ini, bersihkanlah telinga dan hidungmu dari kotorannya. Jaga kesehatan agar kamu tidak terkena flu atau pilek, karna ini juga akan menjadi penilaian. Kemudian pebanyaklah minum air putih agar tenggorokanmu agar tetap sehat dan terhindar dari panas dalam.


6. Pemeriksaan Fisik seluruh badan (Luar)


Dalam pemeriksaan seluruh badan, menurut saya semua hampir sama ya teman-teman, baik itu seleksi untuk kepemerintahan (Polisi & TNI). Dalam pelaksanaan tes kamu akan dipanggil sekitar 5 orang untuk masuk ke dalam satu rungan, kemudian melepaskan pakaian dan tetap menggunakan pakaian dalam, kalau dari pengalaman saya yang akan diperiksa adalah :
• Kondisi kesehatan tulang (Anatomi), lutut (ligamen)
• Kondisi kesehatan kulit (panuan, kurap, dan tatoan)
• Organ int*m.
• Varises dan lainnya.

Nah itulah rangkasian tes yang akan kamu lalui untuk selseksi kesehatan 1 dan beberapa tips yang bisa saya bagikan. Sekali lagi saya sampaikan, rangkaian diatas adalah berdasarkan pengalaman dulu ya teman-teman, mungkin bisa saja ada perbedaan. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.


uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

3 Komentar untuk "Tips dan Langkah Sukses Seleksi Kesehatan 1 (Awal)"

  1. berkacata minus bisa jadi kondektur?

    BalasHapus
  2. Kalau gigi berlobang bisa daftar ga ya mas?

    BalasHapus
  3. Apakah gigi tidak rapi bisa mempengaruhi penilaian...?? Dan jika sudah pernah di operasi apa juga bisa mempengaruhi penilaian.... ??Untuk kondektur kai.... Terimakasih

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel