Tips Mudik Seru Aman dan Nyaman Dengan Kereta Api

Mudik merupakan satu kata yang spesial bagi seorang perantauan, karena sudah cukup lama memendam rasa rindu dengan kampung halaman dan berkumpul dengan sanak saudara.  Sama halnya dengan saya, yang selalu senang saat mendengar kata mudik, maklum saya juga anak perantauan, hehe..

Namun jika berkaca dari pengalaman- pengalaman saat mudik, tentunya kita mempunyai pemikiran yang sama, pasti macet, sesak, jenuh dan lelah saat diperjalanan. Nah untuk mengatasi hal ini, saya akan memberikan tips mudik seru dengan kereta api




 Yuk simak tips dibawah ini :



1. Tentukan tanggal mudik yang tepat




Pilihlah tanggal yang cocok untuk pergi mudik, agar kamu bisa menentukan berapa hari liburan di kampung halaman dan sekaligus memepersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan selama liburan


Jangan pilih H-1 lebaran, karena sudah pasti kamu akan berdesak-desakan dengan pemudik lainnya, kalau bisa pilihlah H-7 atau maksimal H-3. Tapi itu semua tergantung kesibukan masing-masing, kalau kamu seorang pekerja tentunya harus mengikuti kebijakan dari perusahan, dan jika kamu seorang mahasiswa tentunya lebih sedikit leluasa dalam memilih hari yang tepat.



2. Pesan tiket kereta jauh hari dan pilihlah tempat duduk dekat jendela


Ingat,, kamu mudik tidak sendirian, pastinya kamu akan bersaing dengan penumpang lainnya untuk mendapatkan tiket kereta api, dan jika kamu telat sudah bisa dipastikan kamu akan kehabisan tiket.

Untuk itu saya menyarankan agar memesan tiket jauh-jauhari, kalau bisa sekaligus beli tiket untuk pulangnya. Gunakan aplikasi KAI ACCES, agar lebih mudah untuk memesan tiket kereta api.

Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan jendela, agar kamu bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Seperti indahnya tepi pantai utara laut jawa saat menuju kota semarang, megahnya aliran sungai serayu saat melintasi jembatan menuju kota purwokerto, dan hamparan hijau perbukitan serta persawahan yang membentang di bumi parahyangan saat menuju kota bandung jawa barat.

3. Bawa bagasi secukupnya


Bawalah bagasi secukupnya, kamu bisa menggunakan koper, ransel dan waistbag untuk menyimpan barang bawaanmu. Tentunya ini bisa memudahkanmu dalam perjalanan menuju stasiun dan masuk ke dalam rangkaian kereta tanpa harus repot-repot dengan barang bawaan yang banyak.

Pilih dan bawalah barang-barang yang memang kamu butuhkan selama mudik di kampung halaman. Tapi tenang, PT. KAI telah menyediakan Free bagasi sampai 20 kg, namun tetaplah bijak dalam memilih barang bawaanmu.


5. Datanglah lebih awal ke Stasiun



Mudik lebaran tentunya sangat identik dengan kemacetan, untuk itu datanglah lebih awal ke stasiun, perhitungkan estimasi waktu dan jarak antara rumah dengan stasiun keberangkatan. Lebih baik datang awal daripada ditinggal kereta persis di depan mata, seperti ditinggal mantan pas lagi sayang-sayangnya. Hehe


6. Gunakan E-Boarding Pass dan siapkan kartu identitas

Gunakanlah E-boarding pass yang bisa kamu dapatkan melalui Aplikasi KAI ACCESS, agar kamu tidak perlu repot-repot antri di stasiun untuk mencetak Boarding pass. Untuk layanan ini tersedia 2 jam sebelum keberangkatan KA, dan siapkan kartu identitas yang bisa kamu simpan dalam wistbag.


7. Simpanlah bagasi sesuai dengan tempat duduk


Ini sangat penting dilakukan, karena selain pengawasannya yang mudah, kamu juga lebih gampang untuk bersiap-siap saat akan sampai di stasiun tujuan. Pisahkan barang-barang berharga seperti dompet, HP, headset, dan charger yang bisa kamu simpan di tas Waistbag. 


8. Kunjungi restorasi kereta api


Kunjungilah restorasi kereta, disana kamu bisa menikmati berbagai macam menu makanan dan minuman yang akan memanjakan lidahmu. 

Restorasi adalah salah satu tempat favorit yang bisa kamu gunakan saat berdiskusi, bercerita, dengan saudara atau teman mudik, karena disana lebih leluasa tanpa harus khawatir mengganggu kenyamanan penumpang yang lain. Disana juga tersedia mushala yang bisa kamu gunakan untuk beribadah.


9. Istirahat yang cukup


Foto ini diambil dari akun instagram @KAI121

Manfaatkan waktu istirahat di kereta, agar lebih fit saat sampai di stasiun tujuanmu. Apalagi kalau jarak kampung halaman agak jauh dari stasiun, tentunya kamu harus melanjutkan perjalanan dengan tranportasi lainnya.


10.  Pasang Alarm


Aktifkan fitur alarm dari HP mu, minimal 15-10 menit sebelum jam kedatangan, supaya ada spare watu untuk berkemas barang bawaan. Hal ini tentunya bisa meminimalisir terlewatnya stasiun tujuanmu, untuk melihat jam kedatangan tersedia pada menu E-boarding pass atau tiket perjalanan.



Nah itulah beberapa tips mudik seru dengan kereta api, semoga bermanfaat 

uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudik Seru Aman dan Nyaman Dengan Kereta Api"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel