Mengenal Tunjuk Sebut Kondektur

Hallo teman-teman, terimakasih karena sudah berkungjung kembali pada blog ini. Sesuai dengan judul, kita akan membahas mengenai tunjuk sebut oleh kondektur.
Foto ini diambil dari akun instagram @kondektur_kai

Kamu harus tau, ternyata kondektur juga ada tunjuk sebutnya loh, sama halnya dengan masinis. Akan tetapi tunjuk sebut masinis lebih banyak dibandingkan kondektur, karena SOP nya masinis memang harus melakukan tunjuk sebut setiap memastikan sinyal yang akan di lewati. Lalu bagaimana dengan kondektur? apakah sama? yuk.. langsung saja kita bahas.

Tenjuk sebut merupakan hal yang wajib dilakukan kondektur saat berdinas, karena kondektur harus memastikan kereta telah siap untuk diberangkatkan. Kira-kira prosedurnya gimana ya? berikut adalah tahapannya :

1. Semboyan 40

Foto ini diambil dari akun instagram @ppka_kai
Kondektur melihat dan memastikan Semboyan 40 yang diberikan oleh PPKA yang membunyikan beberapa kali suara pendek dari suling mulut, dan menggunakan papan bundar hijau bertepi putih pada siang hari, dan menggunakan kotak lentera berwarna hijau, seperti gambar dibawah ini.


Foto ini diambil dari akun instagram @ppka_kai
Semoboyan diarahkan ke arah kondektur dan masinis, kemudian kondektur melakukan tunjuk sebut "Semboyan 40 telah diberikan".

2. Memastikan rangkaian 

Foto ini diambil dari akun instagram @kondektur_kai
Setelah meyakinkan "semboyan 40", kondektur juga memastikan rangkaian kereta sudah siap di berangkatan. Mulai dari naik turun penumpang yang sudah selesai, bongkar muat barang, memperhatikan atap kereta apakah sudah selesai pengisian air dari rekan OTC, memastikan pintu-pintu sudah tertutup, dan melalakukan tunjuk sebut "Rangkaian telah aman".

Tentunya kondektur juga harus memastikan ada satu  yang terbuka ya, kalau tidak bisa-bisa kondekturnya pasti ketinggalan dan tidak bisa masuk kereta.. Hehehe..

3. Memperhatikan sinyal keluar

Foto ini diambil dari akun instagram @andradithya
Sebelum memberikan semboyan 41, kondektur juga harus memperhatikan sinyal keluar sudah aman atau belum, seperti "Semboyan 5" berwarna hijau dan "Semboyan 6" berwarna kuning. 

Semboyan 5 yaitu KA diperbolehkan berjalan melewati sinyal utama memasuki stasiun atau memasuki petak blok sesuai dengan kecepatan yang diizinkan, yang menunjukan indikasi "berjalan", 

Semboyan 6 yaitu KA diperbolehkan "berjalan hati-hati melewati sinyal utama memasuki stasiun atau memasuki petak blok dengan kecepatan terbatas.

4. Memberikan semoboyan 41


Setelah prosedur diatas dilakukan, selanjutnya kondektur memberikan semboyan 41 yang ditujukan kepada masinis. Semboyan ini mungkin sudah tidak asing lagi kamu dengar bukan? hehe..


Nah itulah prosedur tunjuk sebut yang dilakukan oleh kondektur dalam proses pemberangkatan kereta api, semoga bermanfaat. 









uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

1 Komentar untuk "Mengenal Tunjuk Sebut Kondektur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel