Mengenal Pangkat Bar dan Atribut Seragam Kondektur

Kondektur adalah satu-satunya pegawai PT. Kereta Api Indonesia yang menggunakan Jas saat berdinas, tentunya hal ini yang menjadikan berbeda dengan pegawai lainnya. Pada artikel ini, kita akan membahas apa saja makna dari atribut yang dipasang pada jas kondektur.



1. Logo Perusahaan


Logo perusahaan berada di bagian dada sebelah kiri, logo ini wajib ada disetiap pakaian dinas pegawai PT. KAI, Logo ini memiliki makna yaitu :
  • Logo ini mempunyai 3 garis melengkung yang melambangkan gerakan dinamis dari PT. KAI dalam mencapai Visi dan Misi perusahaan.
  • 2 Garis warna orange melambangkan proses pelayanan prima (kepuasan pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan Internal dan Eksternal.
  • Anak Panah berwarna putih merupakan nilai Integritas yang harus dimiliki oleh pegawai dalam mewujudkan pelayanan prima.
  • 1 garis lengkung berwarna biru, melambangkan semangat untuk berinovasi yang harus dilakukan dalam memberikah nilai tambah kepada stakeholders. Inovasi ini dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang, mulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.

2. Wings


Wings berada di bagian dada debelah kiri depan, diapasang persis diatas logo perusahaan. Wings ini merupakan tanda kecakapan seorang kondektur, wings ini didapatkan setelah selesai menjalani dan lulus dari diklat Kondektur.

3. Pangkat


Mungkin kamu sering melihat pegawai PT.KAI yang menggunakan pangkat bar saat bertugas, namun tahu kah kamu makna dari pangkat ini? dan siapa saja yang menggunakannya?

Pegawai yang menggunakan pangkat atau bar biasanya berada pada posisi operasional, diantaranya :
  • Pangkat dengan 2 bar digunakan oleh petugas PJL
  • Pangkat dengan 3 bar digunakan oleh Asisten Masinis, tentunya bar ini didapatkan setelah selesai dan Lulus dari Diklat masinis.
  • Dan pangakat dengan bar 4 bar digunakan oleh Kondektur, Masinis, dan PPKA.
Pangkat dengan bar 4 ini merupakan lambang dari sebuah kepemimpinan, karena  kondektur adalah seorang pimpinan tim kru KA yg bertugas, seperti Polsuska, Teknisi, Prama prami, dan OTC, yang bertanggungjawab atas pelayanan dan keamanan selama dalam perjalanan. Untuk mendapatkan pangkat bar ini, tentunya harus lulus diklat kondektur terlebih dahulu.

4. Pet (Topi)


Pet ini digunakan oleh kondektur, kondektris dan Masinis saat berdinas. Bagi seorang kondektur Pet ini juga berfungsi untuk melakukan semboyan 30 "Isyarat Kondisi Jalur Tidak Baik" . Kondektur atau petugas KA mengayunkan topi (pet) ditujukan kepada petugas perawatan jalan rel atau PPKA.

Nah itulah itulah makna dari atribut yang digunakan oleh kondektur saat berdinas, semoga bermanfaat. 


uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

2 Komentar untuk "Mengenal Pangkat Bar dan Atribut Seragam Kondektur"

  1. Kak mau nanya donk trus tiap bordiran nama pangkat list nya warna nya beda beda kan...nah itu arti nya apa aja kak?

    BalasHapus
  2. Saya ingin sekali menjadi masinis wanita

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel