Waktu Apel Kondektur Ngomong Apa Aja ya?

Hallo sahabat kai, terimakasih sudah berkujung kembali di blog ini. Sesuai judul kita, kira-kira waktu apel kondektur ngomongin apa aja ya?? Nah pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi apa saja yang disampaikan oleh kondektur saat apel. Ini lebih ke pengalaman pribadi saya saat dinas.



Secara aturan, masinis adalah pemimpin perjalanan kereta api dan yang akan memimpin apel. Namun karena masinis sering disibukan dengan pemeriksaan rangkaian, maka apel diambil alih oleh kondektur.


Apel terbagi menjadi 2 macam, yaitu apel keberangkatan dan Apel purna dinas. Hal ini tentunya bertujuan agar terjalinnya hubungan dan komunikasi yang baik sesama petugas. Nah, kira-kira ngomongin apa aja ya saat apel? Berikut rincinnya :


1. Pembukaan

Sama halnya seperti rapat dan diskusi kecil, apel pra dinas diawali dengan pembukaan ucapan salam dan sedikit yel yel sebagai penyemangat dalam mengawali tugas, dan tidak lupa untuk selalu bersyukur kepadaNya karena telah memberikan kesehatan dan kenikmatan menjalani hari.

2. Kesiapan

Kemudian yang akan dibahas selanjutnya oleh  kondektur yaitu memastikan kembali kesiapan dinas dari masing-masing kru. Mulai dari administrasi (surat tugas), kelengkapan peralatan dinas, dan kesiapan rangkian kereta yang akan dijalankan, seperti kebersihan serta fungsi dari fasilitas yang ada di kereta dalam keadaan baik.


3. Tupoksi (Tugas pokok dan fungsi)

Ini adalah salah satu bagian yang penting saat apel, yaitu mengingatkan kembali tugas pokok dari masing-masing kru. Tentunya hal ini bertujuan agar tim kru bisa bekerja dengan baik sesuai aturan,  dan bisa meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan saat bertugas.


4. Penutup

Setelah semuanya sudah tersampaikan, sebelum ditutup biasanya kondektur meminta kritik atau pun saran dari masing-masing kru, agar bisa menyampaikan pesan-pesan yang ingin disampaikan. Kemudian ditutup dan diakhiri dengan berdo'a bersama agar diberikan keselamatan saat bertugas.

Nah itulah hal-hal yang disampaikan kondektur pada saat Apel Dinas. Semoga bermanfaat .
uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

Belum ada Komentar untuk "Waktu Apel Kondektur Ngomong Apa Aja ya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel