Kira-kira Kondektur Ngapain Aja ya Dalam Kereta?

Kira - kira kondektur ngapain aja ya di dalam kereta?

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa kerja kondektur hanya sekedar memeriksa tiket dan mondar-mandir di dalam kereta, mungkin kamu salah satu dari banyak penumpang yang beranggapan sama bukan? Hehehe..


Namun faktanya pekerjaan seorang kondektur tidaklah sesederhana itu, karena mereka mempunyai tanggung jawab yang cukup besar selama dalam perjalanan.

Baik, pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja sih yang dilakukan kondektur selama  berdinas? berikut adalah kegiatan kondektur :

1. Memeriksa Rangkaian


Sebelum keberangkatan kereta, kondektur akan memastikan kembali kondisi rangkaian kereta, mulai dari kebersihan kereta, toilet, Audio Video, dan Suhu dalam kabin penumpang,serta memasang papan nama. Hal ini bertujuan agar kamu selalu merasa nyaman selama dalam perjalanan, dan jika kamu membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi no HP kondektur yang akan selalu siap membantumu.

2. Apel Keberangkatan


Mungkin kamu sering melihat kondektur dan petugas lainnya berdiri di samping kereta melaksanakan apel keberangkatan. Apel ini bertujuan untuk saling mengingatkan tugas-tugas dan tanggung jawab setiap kru, menjalin hubungan secara emosional agar terwujudnya sinergitas antara kondektur dan petugas lainnya.

3. Announcement/ pengumuman

"Jika anda membutuhkan bantuan, silahkan menghubungi saya melalui no telpon . . . Sebagaimana yang tertera pada papan nama hang terpasang di ujung depan atau belakang kereta". Kalimat ini pasti selalu kamu dengar saat  awal pemberangkatan, ini adalah suara kondektur yang sedang berdinas. Kemudian kondektur juga mengumumkan sesaat akan tiba di stasiun perhentian.

4. Pemeriksaan tiket


Kondektur melakukan pemeriksaan tiket di setetiap kereta yang ditemani oleh bapak polsuska, pengecekan ini bertujuan untuk memvalidasi penumpang sesuai dengan tempat duduk masing-masing. Saat pemeriksaan tiket duduklah sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera pada tiket.

5. Membuat Laporan Dinas (Awal Perjalanan, Dalam Perjalanan, dan Akhir Perjalanan)

Dalam perjalanan kondektur juga membuat laporan dinas yang akan dikirkim ke atasan/pimpinan, baik itu diawal perjalanan, dalam perjalanan dan akhir perjalanan. Isi laporan berupa nama kereta, tim kru yang sedang bertugas, formasi rangkaian, dan kondisi rangkaian kereta yang sedang didinasi, apakah ada trouble atau tidak.

6. Mobile


Mungkin kamu sering melihat kondektur mondar-mandir dari ujung sampai ke belakang kereta yang disebut dengan istilah mobile. Hal ini ini bertujuan untuk memastikan kondisi rangkaian dan kenyamanan yang mengacu ada 4 Pilar Utama PT. KAI : 
  • Keselamatan 
Keselamatan adalah hal yang sangat penting didalam perjalanan, dan hal yang diperhatikan oleh kondektur yaitu, memastikan naik turun penumpang sudah selesai saat kereta akan diberangkatkan,  memastikan pintu kereta sudah tertutup semua, memperhatikan bagasi yang ada di atas sudah tersusun rapih serta tidak membahayakan penumpang, dan memperhatikan potensi-potensi yang bisa menimbulkan kecelakaan dalam bekerja.
  • Ketepatan Waktu
Selain melayani penumpang kondektur juga mempunyai andil penting dalam ketetapan waktu, salah satunya yaitu kondektur memaksimalkan durasi naik turun penumpang sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
  • Kenyamanan
Kondektur memastikan suhu ruangan kereta dalam keadaan sejuk dan nyaman, pengecekan kebersihan toilet, dan berinteraksi dengan penumpang terkait kondisi didalam kereta.
  • Pelayanan
Pada saat mobile kondektur juga memberikan pelayanan kepada seluruh penumpang yang membutuhkan, mulai dari penumpang yang membutuhkan kursi roda, membutuhkan obat karena terluka, menanyakan kedatangan dan informasi stasiun, serta cara memesan tiket melalui Aplikasi KAI ACCESS.


Nah itulah beberapa aktifitas yang dilakukan oleh kondektur selama berdinas, aktifitas diatas adalah saat dimana kondisi kereta sedang kondusif/ normal, jika ada trouble tentunya ada aktifitas takstis lainnya yang dilakukan oleh kondektur saat berdinas. Semoga bisa menjawab rasa penasaran kamu tentang aktifitas apa saja yang dilakukan oleh kondektur. Semoga bermanfaat. 😊

uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

1 Komentar untuk "Kira-kira Kondektur Ngapain Aja ya Dalam Kereta?"

  1. siang mas feby,

    selain jobdes diatas kondektur sering ngecek penumpang melalui HP, pertanyaannya :
    1. apakah ada aplikasi khusus untuk kondektur utk mengecek terupdate atau hanya lewat browser aja
    2. apakah ada tanda khusus pada saat pengecekan, misal penumpang laki2 atau perempuan, jenis penumpang seperti umum, reduksi --> wartawan, balita, TNI/POLRI, pegawai/pensiuanan
    3. ada nama yang tertera di data kondektur
    4. ketepatan kereta memasuki stasiun singgahan
    5. dll

    makasih ya kalau dah dijawab

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel