Inilah 7 Keuntungan Jika Menjadi Seorang Kondektur

Apa sih keuntungan jadi seorang kondektur?

7 Keuntungan Menjadi Seorang Kondektur , Kondektur ganteng , kondektur Hits , kondektur tampan

Nah teman-teman, kali ini saya akan berbagi informasi tentang apa saja keuntungan jika kamu menjadi sorang kondektur. Saat menjadi kondektur dapat dipastikan bahwa kehidupan kamu akan mengalami banyak perubahan, mulai dari kepribadian hingga perekonomian.

Nah kira-kira apa saja ya? berikut adalah keuntungan jika menjadi seorang kondektur :


1.  Travelling Gratis


Karena kondektur adalah pegawai yang bekerja didalam perjalanan kereta api, tentunya kamu bisa menikmati momen ini, kamu bisa mengunjungi berbagai macam tempat sesuai dengan tujuan keretamu.

Kita ambil berapa contoh seperti ke Kota Tua (Jakarta Kota), Keraton (Cirebon), Lawang sewu (Semarang), Batu Raden (Purwokerto), Malioboro (Yogyakarta), dan masih banyak tempat lainnya. Tentunya sebelum kamu berwisata, ada hal yang harus diperhatikan, kamu harus bisa menganalisa terlebih dahulu berapa lama waktu kamu di stasiun tujuanmu, sesuaikan jam istirahat dengan jam dinasan kamu berikutnya.


Bagi kamu yang hobi dengan travelling pekerjaan ini adalah salah satu nikmat yg luar biasa dan sangat cocok untuk menyalurkan hobimu, karena pekerjaan yang paling nikmat adalah hobi yang dibayar. 😊


2. Bertemu Dengan Orang Baru


Saat berdinas kamu akan bertemu dengan rekan kerja yang berbeda-beda setiap harinya, karena kondektur tidak hanya membawa kereta yang sama setiap dinas. Kemudian kamu juga akan bertemu dengan penumpang berbeda setiap harinya, mulai dari berbagai  macam profesi, daerah, dan bahkan Turis yang berasal dari berbagai negara.

Tentunya hal ini sangat bermanfaat, dimana kamu bisa menambah banyak kenalan, relasi, yang tentunya tidak semua pekerjaan bisa mendapatkan pengalaman seperti ini. Dengan banyaknya relasi tentunya akan mempermudah rezekimu dan bahkan kemungkinan bisa bertemu jodoh saat berdinas. 😁

3. Menambah Jiwa Kepemimpinan


Menjadi kondektur tentunya akan meningkatkan jiwa kepemimpinanmu, selain mempunyai tanggung jawab yang besar kondektur juga sebagai koordinator bagi petugas lainnya didalam perjalanan kereta api. Kondektur harus bisa menjalin komunikasi yang baik terhadap rekan tim, agar terciptanya situasi kerja yang kondusif dan meningkatkan sinergitas dalam bekerja.

Yang harus ditanamkan saat kamu memimpin adalah bahwa tidak ada yang paling unggul antara kamu dengan rekan kerja lainnya, karena setiap individu mempunyai keahlian masing-masing.



4. Membuatmu Lebih Disiplin dan Penyabar


Secara perlahan menjadi seorang kondektur akan membuatmu menjadi lebih disiplin dalam mengerjakan sesuatu. Karena saat berdinas kamu akan dituntut untuk hadir tepat waktu dan tidak boleh terlambat, bisa kamu bayangkan apa yang terjadi jika kondekur terlambat saat berdinas? Tentunya akan berimbas kepada pemberangkatan kereta api.

Kemudian menjadi kondektur juga akan melatih dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih sabar, karena setiap waktu bisa saja kamu akan mendapatkan berbagai macam komplen dari penumpang, seperti kereta terlambat karena bencana alam, AC kurang sejuk dan lainnya.



5. Bahagia

Kenapa bahagia?
Secara tidak langsung, setelah kamu selesai memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang, kamu akan mendapatkan ketenangan hati yang luar biasa. Karena telah membantu mereka untuk bertemu dengan keluarga, tentunya hal ini bisa meningkatkan rasa empati yang ada di dalam dirimu dan menjadi ladang amal dalam bekerja.


6. Reward


Jangan salah, kondektur bukan hanya sekedar pekerjaan biasa. Saat kamu berprestasi dalam bekerja, perusahaan akan memberikan Reward untukmu.


Reward ini  juga mempunyai tingkatan sendiri, saat kamu berprestasi di daerah tempat kamu bekerja, perusahaan akan memberikanmu kesempatan untuk bertanding menjadi kondektur terbaik se PT. Kereta Api Indonesia, melalui ajang The Best Service Champion.


Tidak hanya itu, perusahaan juga memberikan kesempatan kembali bagi kamu yang berprestasi untuk mengikuti ajang/ perlombaan antar BUMN yaitu ICCA (Indonesia Contact Center Award) mewakili PT. Kereta Api Indonesia.


Jika kamu menang di ajang ICCA ini, kamu akan diberikan kesempatan lagi untuk mengikuti ajang/ perlombaan antar negara yaitu CCW (Contact Center World), yang mewakili Perusahaan dan Negara Indonesia.





Ini adalah Romandani Adyan, salah satu Kondektur berprestasi yang berasal dari DAOP 1 Jakarta, yang telah memenangkan perlombaan dan mendapatkan Gold Medal serta plakat sebagai Best Customer Service Professional pada ajang CCW (Contact Center World) 2019.


Sangat menarik bukan. 😍



7. Jaminan Masa Depan


Masa depan yang cerah adalah harapan setiap orang, memiliki kehidupan yang berkecukupan yang bisa mengcover kehidupan dimasa depan. Menjadi Kondektur adalah salah satu jawaban dari harapan itu, selain penghasilan yang cukup perusahaan juga memberikan jaminan kesehatan dan jaminan dimasa tua.


Itulah beberapa keuntungan jika kamu menjadi seorang Kondektur Kereta Api. Namun ada satu hal yang harus kamu ketahui, apapun jenis pekerjaanmu tidak akan pernah bisa mencukupi gaya hidupmu. 😊
uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

2 Komentar untuk "Inilah 7 Keuntungan Jika Menjadi Seorang Kondektur"

  1. Izin bertanya, sebelumnya minta maaf apabila pertanyaan saya kurang berkenan. Bekerja sebagai masinis atau kondektur di PT KAI sistem kerjanya kontrak atau jenjang karir?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel