Himbauan dan Larangan Saat Naik Kereta Api

Menggunakan moda transportasi Kereta Api sangatlah nyaman dan menyenangkan, apalagi kalau bersama dengan keluarga yang kita cintai.

Namun dibalik kenyamanan ini, tentunya ada aturan yang harus kamu penuhi saat akan menggunakan Kereta Api. Berikut adalah larangan dan himbauan saat kamu berada dalam kereta api :

1. Dilarang Merokok/Vaping


Aturan ini tentunya sudah sering kamu dengar saat pengumuman di awal pemberangkatan kereta, kamu tidak boleh merokok di area manapun selama dalam perjalanan.

Nah bagi kamu yang perokok harus bersabar ya untuk tidak merokok sampai stasiun tujuan, apalagi kalau kamu naik keretanya bersama keluarga.

Kalau tetap nekat, tentunya kamu akan diturunkan di stasiun terdekat dan kamu akan terpisah dengan keluargamu.

2. Dilarang Membawa Narkotika Psikotoprika dan Zat Adiktif Lainnya


Membawa narkoba atau narkotika (Sejenisnya) adalah salah satu pelanggaran berat yang telah diatur oleh UU dan akan mendapatkan hukuman yang berat. 

Untuk itu jangan sekali-kali kamu membawa, mendekati, apalagi sampai memakai barang haram ini ya.

3. Dilarang Membawa Hewan


Bagi kamu pecinta binatang, di dalam kereta api kamu tidak diperbolehkan untuk membawanya, seperti burung, ikan, kucing, anjing dan yang lainnya. Tentunya hal ini bisa mengganggu kenyamanan bahkan bisa membahayakan penumpang lainnya.

Mungkin kamu pernah mendengar ada ular besar yang lepas di dalam kereta, bisa kamu bayangkan jika semua penumpang sedang terlelap? Pastinya sangat berbahaya dan bahkan bisa memakan korban. 

Untuk itu jangan pernah membawanya ke dalam kereta ya, karena semua penumpang butuh keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan.

Untuk pengantaran hewan peliharaan kamu bisa menggunakan jasa Cargo atau melalui anak perusahaan PT. KAI yaitu PT. KALOG, dengan begitu kamu bisa merasa tenang dan aman saat mengatarkan hewan kesayanganmu.

4. Dilarang Membawa Senjata 


Kamu juga tidak diperbolehkan untuk membawa senjata jenis apapun, baik itu pisau, samurai, bahkan senjata api, tentunya ini demi kenyamanan dan keamanan seluruh penumpang.

5. Dilarang Membawa Benda Berbau Tajam


Benda yang berbau tajam (menyengat) tentunya juga akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi penumpang lainnya, seperti buah duren, Ikan mati, daging, dan lainnya. Untuk itu kalau kamu naik kereta jangan sampai bawa barang berbau tajam ya, karena kalau membawa dan kedapatan diatas kereta akan diturunkan di stasiun perhentian berikutnya.

6. Dilarang Tidur Dilantai Kereta


Tidur di lantai kereta sangatlah membahayakan, karena bisa mengancam keselamatanmu. Didalam perjalanan kita tidak akan pernah tau hal apa yang akan terjadi.

Jika terjadi kecelakaan kereta atau situasi genting lainnya, tentunya akan sangat sulit bagi kamu untuk menuju  ke jalur evakuasi, karena didalam 1 kereta terdapat 50 penumpang bahkan bisa lebih yang mana juga menginginkan untuk berjalan ke jalur evakuasi.

Untuk itu tetap duduk manis di kursi ya, biar kamu tetap aman dan nyaman dalam perjalanan.

7. Dilarang Berdiri Bordes dan Membuka Pintu Kereta


Berdiri di bordes kereta bisa membahayakan keselamatanmu, apalagi sampai membuka pintu bordes kereta. Saat kereta berjalan, tentunya tekanan angin menjadi semakin tinggi. Kereta api juga memiliki getaran dan goyangan yang tentunya akan mengganggu kestabilanmu saat berdiri.

Salah satu faktor atau penyebab yang pernah saya temui adalah adalah karena  ingin melihat pemandangan luar secara langsung serta mengambil foto pemandangan tersebut. Jelas hal ini sangat berbahaya, tetap selalu utamakan keselamatan dalam perjalanan ya. 

8. Dilarang Mengotori Dinding dan merusak Fasilitas Kereta


Mengangkat kaki ke dinding kereta ataupun mengangkat kaki ke kursi tanpa melepas alas kaki atau sepatu, tentunya dapat mengotori fasilitas kereta api.

Untuk itu mari sama2 kita jaga kebersihan  dan Fasilitas Kereta Api kita,  bukan hanya untuk kenyamanan kita sebagai pengguna lokal, namun juga untuk wisatawan dari luar negeri  yang juga sering menggunakan kereta api.

Kereta yang bersih dan Fasilitas yang bagus tentunya menjadi cerminanan yang baik bagi wisatawan asing terhadap negara kita.

9. Jagalah Barang Bawaan


Saat dalam kereta, simpanlah barang bawaan kamu di tempat bagasi yang telah telah disediakan, pastikan sudah aman dan tetap awasi barang bawaan kamu selama dalam perjalanan.

10. Pelankan Suara dan Barang Elektronik


Saat di dalam kabin kereta, pastikan suara kamu tidak terlalu keras saat berbicara dengan teman atau saudara. Namun jika kamu membutuhkan tempat untuk berbicara atau diskusi, mungkin kamu bisa memanfaatkan ruang restorasi kereta api, disana kamu bisa sambil makan dan ngopi dan tentunya lebih fleksibel.

Kemudian jika kamu ingin mendengarkan musik, gunakanlah headset agar kamu bisa menikmati musik tanpa mengganggu kenyamanan penumpang lainnya.

11. Jagalah Kebersihan


Setelah selesai makan dan minum, kamu bisa membuang sampah atau menitipkan sampah ke petugas Cleaning Service yang ada di kereta. Biasanya petugas Cleaning Service akan berkeliling untuk mengambil sampah yang ada di kereta. 

12. Tutup Kembali Pintu Kabin Kereta


Setelah kamu masuk atau keluar dari kabin kereta, baik itu mau ke toilet, ke kereta depan atau belakang, maupun ruang restorasi, pastikan kamu telah menutup kembali pintu kabin kereta.

Hal ini tentunya dapat menjaga kenyamanan saat berada di dalam kabin kereta, selain bisa mengurangi kebisingan tentunya juga dapat menjaga suhu ruangan kabin agar tetap sejuk selama dalam perjalanan.

13. Gunakanlah Stop Kontak Dengan Semestinya


Kereta Api juga menyediakan Stop Kontak yang bisa kamu gunakan saat kehabisan batrai, baik itu  Laptop, Telpon Selular, dan Tablet. 

Jangan gunakan Stop Kontak untuk yang lainnya, seperti catokan rambut, pemanas air dan sebagainya. Karena tegangannya yang tinggi tentunya hal ini bisa mengganggu aliran listrik yang ada di Kereta Api, dan bisa membuat pembangkit yang ada di kereta menjadi Down.


Itulah beberapa Himbauan dan Larangan saat kamu menggunakan kereta api. Hal ini tentunya mempunyai tujuan agar kamu tetap selamat, nyaman, dan aman hingga sampai stasiun tujuan. 😊





uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

Belum ada Komentar untuk "Himbauan dan Larangan Saat Naik Kereta Api"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel