Adakah Sekolah Khusus untuk Menjadi Seorang Kondektur??

Apakah  ada sekolah khusus untuk menjadi seorang kondektur?



Pertanyaan ini juga sering saya dapatkan, baik secara langsung maupun pesan ke akun Instagram Kondektur_kai. Pada artikel ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.


Dalam beberapa kesempatan, PT. KAI mengadakan rekrutmen sesuai dengan  yang dibutuhkan oleh perusahaan, baik dari tingkat pendidikan maupun dari berbagai jurusan. Begitupun juga saat membuka lowongan untuk formasi  kondektur, hal ini bisa kita lihat dari beberapa periode rekrutmen. Untuk rekrutmen kondektur, sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang mempunyai persyaratan yang berbeda-beda, seperti :

1. Rekrutmen Kondektur Tahun 2016 

PT. KAI membuka lowongan untuk kondektur dengan persyaratan khusus yaitu dari lulusan D3 & S1 semua jurusan, dengan Akreditasi A untuk (S1) dan B untuk (D3) yang dibuka untuk semua wilayah kerja Daop dan Divre. Pada kesempatan inilah saya mendaftar dan mengikuti seleksi di wilayah kerja Divre II Sumatera Barat (Padang).

2. Rekrutmen Kondektur Tahun 2017

PT. KAI kembali membuka lowongan yang bersumber dari JOB FAIR BUMN, dengan persyaratan Minimal Pendidikan D3 khusus jurusan Bahasa Inggris/ Ilmu Komunikasi/ Manajemen/ Kepariwisataan dan Perhotelan dengan Akreditasi minimal B. 


3. Rekrutmen Kondektur tahun 2019


Rekrutmen pemenuhan formasi kondektur di tahun 2019 sangat jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pada rekrutmen ini PT. KAI memberikan kesempatan untuk lulusan SMA/SMK semua jurusan  dengan nilai minimal 6.0 untuk pemenuhan Formasi Kondektur.

Dari  ketiga contoh diatas, dapat kita simpulkan bahwa tidak ada sekolah khusus untuk mendaftar menjadi seorang kondektur dan sangat terbuka luas untuk umum. Yang menjadi pembeda hanyalah tingkat pendidikan dan jurusan sesuai dengan kebutuhan perusahaan pada saat rekrutmen.

Bagi kamu yang ingin mendaftar, persiapkan diri kamu sebaik mungkin, jaga kesehatan, pelajari berbagai jenis tes psikologi, dan jangan lupa berdo'a. Semoga sukses 😊
uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

2 Komentar untuk "Adakah Sekolah Khusus untuk Menjadi Seorang Kondektur??"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel