Apa Saja Persiapan Untuk Menjadi Seorang Kondektur??

Syarat Lengkap Mendaftar Lowongan Kondektur PT KAI

Untuk menjadi seorang kondektur kira-kira apa saja ya persiapannya?

Pertanyaan ini juga sering saya terima dari beberapa followers dan penumpang pada saat berdinas, mungkin kalian juga termasuk salah satu diantaranya bukan? Hehehe..
Baiklah, pada artikel kali ini saya akan meberikan informasi mengenai hal apa saja yang harus kamu persiapkan untuk menjadi seorang kondektur, informasi ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Baik, untuk menjadi seorang kondektur, kamu akan menjalani berbagai rangkaian tes, mulai dari Administrasi, Kesehatan 1 (awal), Psikotest, Wawancara dan Kesehatan Akhir. Untuk melewati tahapan ini tentunya kita harus memersiapkan diri semaksimal mungkin dalam menjalani setiap tes. Dan inilah tips atau  hal-hal yang harus dipersiapkan :


1. Persiapkan Berkas

Pesiapkanlah berkas pendaftaran sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Selanjutnya kamu harus registrasi dan membuat akun pendaftaran terlebih dahulu, lalu mengisi biodata dan mengupload berkas-berkas, mulai dari Ijazah, KTP, dan kelengkapan persyaratan lainnya.

Ingat, setiap tahapan sangat menentukan apakah kamu bisa melanjutkan ke tahap  tes berikutnya atau tidak, jadi kamu harus teliti saat mengupload dan melengkapi berkas-berkas.


2. Menjaga Kesehatan

PT. KAI sangat selektif dalam memilih calon pegawai, terlebih pada saat penilaian tes kesehatan, hanya peserta dengan nilai terbaiklah yang akan pilih untuk melanjutkan tes berikutnya. Untuk itu saya menyarankan agar kamu selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Tubuh adalah aset yang paling berharga dalam kehidupan, tubuh yang sehat sangat berperan penting dalam aktivitas kita setiap harinya. Menjaga kesehatan tubuh merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan karena telah memberikan nikmat yang tak ternilai, untuk itu marilah kita selalu menjaga kesehatan.


Ada banyak tips yang bisa kamu dapatkan untuk menjaga kesehatan, bisa melalui buku dan media lainnya. Untuk memudahkan, disini saya akan berbagi sedikit tips untuk kamu bagaimana cara untuk menjaga kesehatan :

  • Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup

Sepadat apapun aktifitas kita setiap harinya, usahakan untuk selalu mengimbanginya dengan waktu istirahat yang cukup, karena ini sangat berpengaruh dengan kebugaran fisik dan berpengaruh pada tekanan darah (Tensi).

  • Olahraga dan konsumsi makanan yang bergizi
Olahraga dan konsumi makanan yang bergizi

Usahakan paling tidak 2 atau 3 kali dalam seminggu untuk berolahraga, bisa melalui joging pagi ataupun sore hari. Memang tidak mudah untuk mengumpulkan semangat dan niat untuk berolahraga, namun tekad kan lah niatmu dan tetap semangat untuk melawan rasa malasmu.

  • Membatasi Aktifitas Menggunakan HP dan Laptop
Membatasi Aktifitas Menggunakan HP dan Laptop

Di zaman yang penuh dengan kemajuan teknologi ini, membuat kita tidak terlepas dari penggunaan HP dan Laptop dalam kegiatan sehari-hari, baik dalam belajar, main game, maupun mengerjakan tugas. 

Penggunaan yang berlebihan tentunya mempunyai efek samping yang bisa mengganggu kesehatan mata. Oleh karena itu jangan lupa batasi aktifitas ini, karena kesehatan mata akan diuji pada saat seleksi kesehatan nanti.

  • Menjaga Kebersihan Gigi
Menjaga Kebersihan Gigi

Jangan lewatkan untuk membersihkan gigi secara rutin, minilal 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur. Kemudian lakukan pemeriksaan 1 kali dalam 6 bulan ke dokter gigi, untuk memastikan kebersihan dari karang gigi dan plak. Gigi yang bersih dan sehat tentunya dapat meningkatkan kepercayaan diri saat berbicara dengan orang lain, apalagi seorang kondektur yang akan melayani penumpang selama dalam perjalanan.

3. Pelajari Berbagai Macam Tes Psikologi

Pelajari Berbagai Macam Tes Psikologi

Psikotest mungkin kata yang sudah tidak asing lagi untuk kita dengar, ini adalah salah satu tahapan tes yang cukup rumit dan menguras energi serta fikiran. Untuk itu perbanyaklah belajar mengenai tes psikologi, kamu bisa belajar dari berbagai sumber, bisa melalui buku, internet, maupun bimbel. Sehari sebelum tes tidurlah lebih awal di malam hari, jangan lewatkan sarapan pagi agar lebih fit dan konsentrasi saat menjawab soal-soal tes. Minta izinlah kepada panitia untuk membawa air minum ke dalam ruangan, agar nanti ketika haus kamu bisa langsung meminumnya.

Tetaplah bersikap jujur dalam mengerjakan soal, selalu dengarkan intruksi dari panitia, tidak mendahului atau mengerjakan soal sebelum ada intruksi, dan sesuatu hal yang paling penting adalah jadilah diri sendiri dalam menjawab pertanyaan, karena psikotest ini adalah gambaran dirimu.



4. Berlatih Public Speaking dan Bahasa Asing

Berlatih Public Speaking dan Bahasa Asing

Menjadi Public Speaker sangatlah penting apapun jenis pekerjaanmu, karena dimanapun akan selalu ada keperluan untuk berbicara didepan publik. Termasuk untuk menjadi seorang kondektur, karena saat berdinas nanti, akan melayani penumpang secara langsung selama dalam perjalanan.


Kemampuan Public Speaking ini tentunya juga bermanfaat saat menjalani tes wawancara, dimana kamu bisa lebih leluasa dan tenang saat mempresentasikan siapa dirimu dan menunjukan bahwasanya kamu mampu untuk menjadi seorang kondektur kepada pewawancara.


Begitupun juga dengan bahasa asing, minimal kamu bisa bahasa inggris, karena sewaktu-waktu bisa saja penumpangmu seorang turis yang berasal dari negara lain.

Banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan untuk melatih kemampuan berbicara didepan umum, bisa melalui seminar, melihat video dari youtube, dan dari sumber lainnya.

Itulah beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan saat menghadapi tes untuk menjadi seorang kondektur. Berusahalah dengan maksimal, karena disini kamu akan mendapatkan persaingan yang cukup ketat dari ribuan peserta lainnya dan jangan lupa  berdo'a serta meminta restu kepada orangtua pada saat akan berangkat tes.


Semoga bermanfaat dan semoga kamu bisa bergabung. 😊




uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

Belum ada Komentar untuk "Apa Saja Persiapan Untuk Menjadi Seorang Kondektur??"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel