"New Normal", Inilah Syarat dan Alur Untuk Penumpang yang Akan Naik Kereta Api Jarak Jauh

"New Normal", Inilah Alur Untuk Penumpang yang Akan Naik Kereta Api Jarak Jauh - New Normal PT.KAI untuk penumpang - Alur penumpang New Normal - New Normal

Foto ini diambil dari akun Instagram @kondektur_indonesia

Hallo teman-teman, selamat datang kembali di blog kondekturkai dot com. Setelah menjalani kehidupan dengan aturan PSBB, pemerintah kembali mengambil kebijakan terbaru, yaitu New Normal.

New Normal merupakan skenario terbaru yang tentunya sudah dipertimbangkan oleh pemerintah dalam menangani wabah COVID-19, baik dalam aspek kesehatan dan perekonomian.

Meskipun begitu, kita harus tetap berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan, karena memang wabah Covid-19 ini masih belum berakhir.

Untuk menjalani kebijakan dari pemerintah, PT. KAI telah membuat syarat dan ketentuan, serta telah mempersiapkan skenario dan membuat Alur Untuk Penumpang yang Akan Naik Kereta Api Jarak Jauh.

Bagaimana syarat dan alurnya? Yuk kita langsung saja.

A. Syarat dan Ketentuan 

Kelengkapan Syarat dan ketentuan ini wajib dibawa dan ditunjukan kepada petugas untuk divalidasi saat akan boarding di stasiun.

1. Mempunyai surat keterangan negatif Covid-19, bisa dari hasil tes PCR atau hasil rapid-tes (no yang berlaku 7 hari saat keberangkatan atau hasil rapid-tes  (non-reaktif) yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

Namun pada tanggal 27 Juni, sesuai dengan SE No.9 tahun 2020, masa berlaku hasil tes PCR atau Rapid-tes diperpanjang menjadi 14 hari.

2. Mempunyai surat keterangan sehat dan terbebas dari gejala influenza (influenza-like illness) yang diterbitkan oleh dokter rumah sakit/ puskesmas bagi daerah yang tidak mempunyai fasilitas untuk tes PCR/ rapid-tes.

3. Khusus penumpang dari/ yang akan  bertujuan ke Jakarta WAJIB memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Wilayah DKI Jakarta, terkecuali untuk sektor yang dikecualikan sesuai dengan Pergub DKI Jakarta no. 47 tahun 2020.

Untuk informasi/ pengajuan SIKM wilayah DKI Jakarta, bisa diakses melalui website : jakevo.jakarta.go.id

4. Wajib menggunakan masker, dan harus dalam keadaan sehat, tidak menderita flu, pilek/ sesak nafas, batuk dan demam.

5. Suhu tubuh tidak lebih dari 37.3 derajat celcius

6. Menggunakan pakaian pelindung (Lengan panjang atau jaket)

7. Penumpang wajib mematuhi dan mengikuti intruksi dari petugas, mulai dari stasiun keberangkatan, dalam perjalanan, hingga stasiun stasiun tujuan.

Apabila saat boarding kedapatan penumpang yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan di atas, maka tidak diperbolehkan melakukan perjalanan kereta api dan tiket bisa dibatalkan dengan pengembalian biaya 100% .

Khusus kereta api Lokal dan atau komuter,
hanya berlaku poin 4 - 7, dan tentunya wajib mengikuti protokol kesehatan.

B. Alur untuk penumpang

"New Normal", Inilah Alur Untuk Penumpang yang Akan Naik Kereta Api Jarak Jauh - New Normal PT.KAI untuk penumpang - Alur penumpang New Normal - New Normal
Foto ini diambil dari akun Instagram @keretaapikita

Sebelum masuk area Stasiun, teman-teman diwajibkan menggunakan masker dan mencuci tangan pada air mengalir dengan sabun antiseptic yang sudah tersedia di area stasiun (tempat cuci tangan)

• Pembelian Tiket
- Agar lebih aman, sebaiknya teman-teman melakukan pembelian tiket secara Online melalui aplikasi KAI ACCESS, atau juga bisa dibeli melalui Channel Eksternal lainnya.

- Go Show (Pembelian tiket di loket 3 jam sebelum keberangkatan), dan tentunya harus menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak saat di ruang tunggu.

• Melakukan chek in mandiri melalui aplikasi KAI ACCESS atau melalui mesin chek in counter yang ada di stasiun


1. Proses Boarding


"New Normal", Inilah Alur Untuk Penumpang yang Akan Naik Kereta Api Jarak Jauh - New Normal PT.KAI untuk penumpang - Alur penumpang New Normal - New Normal
Foto ini diambil dari akun Instagram @keretaapikita

• Wajib menggunakan masker (APD), jika tidak maka teman-teman tidak AKAN diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan, dan bawalah Handsanitizer agar lebih mudah untuk membersihkan tangan

• Siapkan persyaratan yang telah ditetapkan oleh PT. KAI dan boardingpass (tiket)/ E- boarding beserta kartu identitas diri seperti (Ktp, sim, pasport, surat nikah, atau kartu identitas lainnya yang sah.

Validasi akan dilakukan oleh petugas boarding, jika tidak sesuai dengan persyaratan, maka teman-teman tidak dapat melakukan perjalanan dengan Kereta api.

• Untuk Scan barcode dilakukan secara mandiri oleh penumpang

• Petugas boarding akan melakukan pemeriksaan suhu badan melalui thermo gun, jika suhu badan >37.3 derajat celsius atau lebih, maka tidak diperbolehkan untuk melakukan perjalanan.

• Teman-teman akan diberikan Face Shield secara Gratis oleh PT. KAI sebelum masuk ke dalam kereta dan wajib digunakan sampai stasiun tujuan.

"New Normal", Inilah Alur Untuk Penumpang yang Akan Naik Kereta Api Jarak Jauh - New Normal PT.KAI untuk penumpang - Alur penumpang New Normal - New Normal

Faceshield diberikan khusus kepada penumpang dengan tarif tiket dewasa, jika membawa anak dengan tiket Infant (Anak usia 0-3 tahun) wajib membawa Faceshield sendiri  dan menggunakan masker.


2. dalam Perjalanan KA 


"New Normal", Inilah Alur Untuk Penumpang yang Akan Naik Kereta Api Jarak Jauh - New Normal PT.KAI untuk penumpang - Alur penumpang New Normal - New Normal
Foto ini diambil sebelum New Normal
Sebelum ada kebijakan menggunakan Face Shield

• Wajib menggunakan Masker dan Face Shield selama dalam perjalanan.

• Petugas yang ada di dalam kereta (kondektur/ polsuska) akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang dengan thermo gun secara berkala.

• Jika ditemukan penumpang dengan suhu >37.3 derajat celsius, maka :
- Penumpang akan dipindahkan ke ruang isolasi yg ada di dalam kereta, dan akan dilakukan pemeriksaan di stasiun tujuan.

- Namun jika memerlukan penanganan segera, maka akan dilakukan pemeriksaan di stasiun perhentian pertama yang tersedia pos kesehatan.

• Melaksanakan pola hidup sehat :
- mencuci tangan dengan sabun
- membuang sampah ditempat yang telah tersedia
- tidak merokok/ Vape dan mengkonsumsi Napza
- tidak meludah sembarang tempat
- kurangi aktifitas menyentuh wajah, jika memang diperlukan cucilah tangan terlebih dahulu
- tetap mematuhi segala peraturan protokol kesehatan, mulai dari awal keberangkatan hingga akhir perjalanan.


3. Akhir perjalanan

Setelah sampai di stasiun tujuan, agar lebih aman sebaiknya tetap menggunakan masker dan Faceshield sampai keluar area stasiun.


Nah itulah syarat dan alur untuk penumpang saat akan naik kereta api jarak jauh. Jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dan  protokol kesehatan, agar kita tetap sehat, perjalanan aman dan nyaman sampai stasiun tujuan. 😊



uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

Belum ada Komentar untuk ""New Normal", Inilah Syarat dan Alur Untuk Penumpang yang Akan Naik Kereta Api Jarak Jauh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel