Tips Mudah Mendapatkan Tiket Mudik Lebaran

Mudik lebaran adalah hal yang paling dinanti oleh seorang perantauan, termasuk saya salah satunya. Namun tidak sedikit penumpang yang mengeluh karena kehabisan tiket untuk mudik lebaran, karena memang volume penumpang sangat meningkat pada momen mudik lebaran ini.

Pemesanan tiket yang sangat mudah, membuat persaingan dalam pembelian tiket semakin ketat. Karena tiket bisa dibeli secara online dan tidak perlu repot-repot untuk datang ke stasiun, bisa melalui aplikasi resmi yaitu KAI ACCESS, Traveloka, tiket.com, dan pihak-pihak lainnya yang bekerjasama dengan PT. KAI. 

Nah untuk itu pada artikel kali ini saya akan memberikan tips untuk mendapatkan tiket mudik lebaran, berikut tipsnya :

1. Install Aplikasi KAI ACCESS & buat akun


Karena pemesanan tiket sudah serba online, maka langkah pertama yaitu pastikan di HP mu sudah terinstall aplikasi KAI ACCESS dan segeralah buat akun pengguna. Hal ini bisa dilakukan dari jauh-jauh hari ya teman-teman, agar nantinya tidak perlu memakan waktu tambahan saat memesan tiket mudik. 

Mengapa saya menyarankan KAI ACCESS? Karena ini adalah aplikasi resmi dari PT. KAI. Hal ini juga bertujuan untuk mengindari teman-teman dari calo atau pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang mengatasnamakan PT.KAI. Nah jika sampai saat ini kamu belum punya aplikasinya, segera download ya,, bisa melalui App Store dan Play Store.

2. Tentukan tanggal mudik yang tepat


Tentukanlah tanggal mudik yang tepat, karena tentunya kamu harus menyesuaikan jadwal dengan aktivitasmu, baik itu aktivitas perkuliahan maupun pekerjaan,  pastikan semua aktivitasmu sudah selesai dan siap untuk berangkat mudik.

3. Buat catatan kecil dan siapkan hal ini


Agar lebih mudah dalam pemesanan, buatlah catatan kecil dan siapkan hal ini :
• yang pertama adalah Siapkan KTP, atau catat nama dan  ID KTP/SIM masing-masing nama keluarga yang akan berangkat mudik, agar kamu tidak perlu repot-repot lagi dan sibuk mencari ID KTP.

• Kemudian catatan selanjutnya adalah tulis nama kereta api yang kamu inginkan, hal ini bertujuan untuk memudahkanmu dalam memilih kereta. Siapkan juga Plan B dan Plan C sebagai alternatif jika kereta api yang kamu inginkan sudah penuh. Misalkan tujuanmu adalah Stasiun surabaya pasar turi, Maka plan A nya adalah KA Argo Bromo Anggrek, dan Plan B nya adalah KA Sembrani.

4. Pastikan jaringan internet dalam keadaan stabil


Ini sangat penting ya teman-teman, mengingat banyaknya penumpang lain yang juga melakukan transaksi pembelian tiket. Jaringan yang stabil tentunya sangat membantumu dalam bertransaksi, baik dalam pemesanan dan melakukan pembayaran. Jangan lupa pastikan kuota internetnya masih banyak ya, karena kalau habis pastinya butuh waktu lagi untuk untu membeli kuota internet.


5. Lakukan transaksi pada pukul 00.00 WIB

Mengapa harus pukul 00.00 WIB? Karena pada waktu inilah pembelian tiket sudah mulai dibuka dan tentunya mendapatkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan tiket perjalanan. Biasanya hanya butuh waktu 15 menit tiket sudah habis terjual, untuk itu saya menyarankan setelah pergantian tanggal langsung saja melakukan transaksi pembelian


5. Minta bantuan


Berhubung kamu harus bersaing dengan penumpang lainnya, untuk itu mintalah bantuan keluarga dalam pemesanan. Semisal kamu ada 6 orang dalam satu keluarga, kemudian bukalah aplikasi KAI ACCESS, atau aplikasi lainnya yang bekerja sama dengan PT. KAI, dari masing-masing HP untuk melakukan transaksi pembeliat tiket secara bersamaan, otomatis ada 6 kesempatan dalam satu pemesanan.

Tentunya kamu berpeluang lebih besar untuk mendapatkan tiket mudik lebaran, tidak masalah jika double dalam pemesanan, karena setiap pemesanan ada jeda waktu untuk melakukan pembayaran dan jika tidak dilakukan pembayaran akan hangus secara otomatis. 


6. Pilih metode dan segera melakukan pembayaran


Berhubung transaksinya tengah malam, saya sarankan untuk melakukan pembayaran melalui Internet bangking atau mobile bangking agar lebih aman. Tentukan metode pembayaran dan pilih bank yang kamu inginkankan, pastikan saldonya cukup saat melakukan transaksi. 

Pembayaran harus dilakukan segera ya teman-teman, jangan pernah menundanya, karena ada batas waktu yang ditentukan, jika kamu lalai kemungkinan besar kan hangus.


itulah 5 tips jitu untuk mendapatkan tiket mudik lebaran, selalu berhati-hati saat di jalan, selalu waspada dan perhatikan barang bawaan. Selamat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. 
uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

Belum ada Komentar untuk "Tips Mudah Mendapatkan Tiket Mudik Lebaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel