Apa ya Bedanya Persilangan dengan Penyusulan Kereta Api?

Saat naik kereta api mungkin kamu pernah mendengar pengumuman di stasiun atau dari kondektur yang bertugas, yang memberikan informasi bahwasanya kereta api menunggu bersilang atau kereta api menunggu disusul oleh kereta api lainnya. 

Nah melalui artikel kali ini saya akan menjawab pertanyaan dari salah satu orang teman-teman, apa sih bedanya persilangan dengan penyusulan? Yuk langsung saja kita bahas satu persatu :

1. Persilangan 

Persilangan adalah suatu peristiwa dimana kereta api (A) menunggu kereta api (B) untuk melewati track/jalur utama dari arah yang berlawanan. Persilangan biasanya terjadi pada perjalanan kereta api yang menggunakan jalur tunggal atau single track dan persilangan harus dilaksanakan di stasiun.

Kita ambil contoh pada kereta api Argo Parahyangan. Bagi kamu yang sering naik kereta api ini, mungkin sudah sangat sering mendengar informasi persilangan dari kondektur, karena memang track untuk Purwakarta - Bandung masih terdapat beberapa jalur tunggal/ single track. 

Foto ini diambil dari akun instagram @fahri.h9207

Gambar diatas adalah kereta api Argo Parahyangan dari Bandung menuju Gambir yang akan masuk ke Stasiun Cilame. Kereta ini kita beri nama kereta (A). 

Kemudian apabila ada kereta api (B) yang juga akan masuk ke stasiun cilame dari arah yang berlawanan, maka kereta api (A) akan berhenti dan menunggu terlebih dahulu di Stasiun Cilame. Kereta (A) akan diberangkatkan kembali jika kereta api (B) telah masuk dan berhenti sempurna di Stasiun Cilame, atau kereta api (B) telah berjalan langsung melewati Stasiun Cilame. Single track ini cukup rumit ya teman-teman, harus sangat berhati-hati dan teliti dalam mengatur perjalanan kereta api.

Agar lebih jelas saya akan melampirkan gambar berikutnya, 

Foto ini diambil dari akun instagram @daop5_railfans

Gambar diatas adalah situasi dimana kereta api (A) sedang menunggu kereta api (B) akan masuk ke Stasiun Cilame. Akan tetapi gambar yang ini bukan di Stasiun Cilame ya teman-teman, hanya sebagai pendukung untuk ilustrasi persilangan.

2. Penyusulan

Penyusulan adalah situasi dimana terjadinya perubahan urutan dua kereta api yang searah. Penyusulan antarkereta api (menyusul atau disusul) biasanya dilakukan di stasiun, atau tempat yang terdapat fasilitas penyusulan yang telah ditentukan sesuai dengan peraturan perjalanan.

Saya beri contoh seperti video di bawah ini :


Video ini diambil dari akun instagram @aldhi9233

Ini adalah video dimana kereta Walahar Ekspres disusul oleh kereta api Argo parahyangan di Stasiun, kereta api Walahar Ekspres ada di sisi sebelah kiri.

Nah itulah rincian mengenai Persilangan dan Penyusulan ya teman-teman, jika dalam perjalanan kereta apimu berhenti di suatu stasiun, bisa jadi adanya persilangan, penyusulan, atau menunggu sinyal aman untuk diberangkatkan kembali. Semoga bermanfaat. 😊


uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

Belum ada Komentar untuk "Apa ya Bedanya Persilangan dengan Penyusulan Kereta Api?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel