6 Tips Memilih Tempat Duduk yang Nyaman Dalam Kereta

Pemilihan tempat duduk saat naik kereta api tentunya mempunyai tingkat kenyamanan yang berbeda, semua tergantung dengan kebutuhan kita saat dalam perjalanan. Jika kamu salah satu orang yang sering ke toilet, tentunya tempat duduk paling depan atau paling belakang menjadi pilihan yang tepat, karena sangat dekat untuk menuju ke toilet.

Namun tahu kah kamu, bahwa ada tempat duduk yang menurut saya sangat strategis dan nyaman saat dalam perjalanan. Melalui artikel ini saya akan memberikan tips untuk memilih tempat duduk yang tepat dalam kereta api, yuk langsung saja :



1. Siapkan aplikasi KAI ACCESS


Karena pemesanan tiket sudah serba online, untuk itu siapkan aplikasi KAI ACCESS mu terlebih dahulu, agar lebih mudah dalam memilih tempat duduk, jadi kamu tidak perlu repot-repot untuk datang ke stasiun.


2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum menentukan tempat duduk, pastikan dulu apa yang kamu butuhkan didalam perjalanan, baik dari suhu ruangan dan kebutuhan lainnya. Kita ambil contoh untuk rangkaian eksekutif.


Foto ini diambil dari akun instagram @farr_as

Ini adalah rangkaian Eksekutif versi terbaru yang sering disebut rangkaian stainless stel. Untuk rangkaian Eksekutif ini, saya menyarankan untuk pilih tempat duduk yang ditengah dengan nomor tempat duduk 6ABCD atau 7ABCD. kenapa? Karena disanalah suhu AC ruangan yang paling nyaman (Sejuk). Bagi kamu yang lagi sakit atau tidak enak badan, tempat duduk ini adalah pilihan yang tepat. Kemudian untuk menuju ke toilet pun juga tidak terlalu jauh karena berada di tengah-tengah rangkaian kereta.

Namun jika kamu yang suka dan senang dengan ruangan yang dingin atau bahkan sudah menjadi kebutuhan, saya menyarankan untuk memilih tempat duduk paling depan atau paling belakang, dikarenakan sumber blower AC juga berada pada bagian ujung depan dan ujung belakang kereta, dan tentunya akan terasa lebih dingin dibandingkan dengan bagian tengah kereta.


Alasan kenapa harus dingin bagian ujung kereta, karena dekat dengan pintu ya teman-teman, aktifitas keluar masuk penumpang sangat sering dan tentunya berpengaruh dengan suhu ruangan.


3. Mundur atau maju?

Foto ini diambil dari akun instagram @panda_coklat

Ini adalah rangkaian ekonomi premium, biasanya rangkaian ini digunakan untuk kereta api Argo Parahyangan, Tawangjaya premium, Menoreh dan KA ekonomi lainnya. Tentunya  kamu sering dilema kan dalam pemilihan tempat duduk untuk rangkaian ini, karena khawatir mendapatkan tempat duduk yang berlawanan arah, dan terkadang ada juga penumpang yang merasa pusing karena jalannya mundur. Tapi menurut saya sih tidak begitu pusing, karena perjalanan kereta juga cukup stabil, mungkin karena hanya belum terbiasa, hehe..

Nah, untuk mengantisipasinya, tips yang paling aman adalah jika kamu berpergian dengan keluarga atau teman yang berjumlah 3 atau 4 orang, pilihlah tiket yang berada di bagian tengah rangkian kereta, karena kamu akan mendapatkan tempat duduk dengan 2 arah, yaitu nomor 11 dan 12. Karena kalau mabuk, kamu bisa bergantian tempat duduk dengan teman/ saudara. 


Nah bagaimana kamu jika sendirian?? 😅

Tetap, saya menyarankan agar kamu membeli tempat duduk yang di tengah. Memang sih belum pasti kamu mendapatkan tempat duduk yang searah, namun kamu mendapatkan keuntungan karena sedikit lebih lega untuk kaki. Bagaimana kalau mabuk? Mungkin kamu bisa mencoba untuk tukar tempat duduk dengan penumpang yang ada di depanmu.


4. Pilih kereta bagian belakang

Foto ini diambil dari akun instagram @officialtamsq

Pilihlah tempat duduk di kereta bagian belakang, atara Eksekutif 7 atau 8, atau ekonomi 7 dan ekonomi 8. Kenapa? Karena hanya disanalah kamu akan mendapatkan spot/ pemandangan yang unik saat berjalan di tukungan, kamu akan melihat keindahan bagian ujung depan kereta (Lokomotif) saat berjalan. Kemudian Eksekutif 7 juga tidak terlalu jauh dengan restorasi, jadi saat lapar kamu tidak perlu berjalan jauh menuju restorasi.


5. Pilih dekat jendela

Foto ini diambil dari akun instagram @riskawatiana

Nah ini jangan sampai lupa, meskipun sudah mengambil rangkaian dibelakang tapi tidak memilih dekat dengan jendala ya tentunya percuma. Disini kamu bisa menikmati pemandangan selama dalam perjalanan, kemudian kamu juga bisa mendapatkan sinar matahari pagi jika perjalananmu dipagi hari. 

Kemudian dekat dengan jendela juga memudahkanmu saat mencas HP atau Laptop, tanpa harus mengganggu penumpang yang ada disebelahmu. Pilihan tempat dudukan adalah A dan D.


6. Sesuaikan dengan bagasimu


Ini adalah rangkaian ekonomi premium. Jika kamu membawa barang bawaan yang cukup banyak, pilihlah tempat duduk bagian tengah ya. Hindari memilih tempat duduk seperti gambar diatas, karena kapasitas bagasinya tidak terlalu besar, no tempat duduknya adalah 1-4 ABCD dan 19-22 ABCD.



Kemudian biasanya tempat duduk yang bagian ujung juga salah satu tempat duduk untuk prioritas, jadi sewaktu-waktu bisa saja ditukar dengan lansia atau penumpang yang berkebutuhan khusus. 

Nah itulah tips untuk memilih tempat duduk yang nyaman dalam perjalanan kereta api. Ada tambahan yang lain? Silahkan tulis dikolom komentar yaa.. 


uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Memilih Tempat Duduk yang Nyaman Dalam Kereta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel