Adakah Jenjang Karir Kondektur??

Tidak sedikit yang melontarkan pertanyaan, "ada ga mas jenjang karir untuk seorang kondektur? jenjang karir kondektur itu gimana ya mas? nah mungkin kamu juga salah satu diantara mereka dan mempunyai pertanyaan yang sama. Setiap jenis pekerjaan tentunya memiliki jenjang karir, apalagi perusahaan besar, pastinya mempunyai struktur organisasi jabatan yang cukup luas, dan jenjang karir juga memiliki peranan penting untuk kemajuan suatu perusahaan.

Kondektur merupakan sebuah profesi khusus yang bekerja dibidang pelayanan dan operasional, yang tentunya juga mempunyai jenjang karir. Nah untuk itu disini saya akan mencoba memberikan informasi mengenai jenjang karir untuk seorang kondektur. Yuk simak rincian di bawah ini :

1. Kondektur

Kita mulai dari kondektur dulu ya. Kondektur adalah seorang pegawai yang diserahi tugas untuk membantu masinis dalam tertib perjalanan kereta api, dan langsiran apabila di suatu stasiun tidak terdapat juru langsir, dan sebagai koordinator untuk petugas lainnya seperti Teknisi, Polsuska, Prama prami, dan OTC.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa tugas kondektur sangatlah kompleks,baik dari sisi operasional, pelayan dan sebagai koordinator. 

2. Penyelia (SPV)

Penyelia adalah tahapan jenjang karir selanjutnya untuk profesi kondektur. Pengertian Penyelia atau yang lebih dikenal dengan istilah "Supervisor" secara umum adalah seseorang yang  pegawai yang mempunyai wewenang untuk membina dan memberikan arahan kepada rekan kerja dibawahnya. 

Jabatan penyelia berada diantara atasan (perancang kebijakan) dan pegawai pelaksana. Penyelia bertugas untuk menyampaikan kebijakan dari atasan dan membangun komunikasi yang baik antara atasan dengan pelaksana, bisa dibilang posisi ini adalah sebagai jembatan komunikasi antara atasan dan pelaksana. 

1 orang penyelia akan memimpin 10 kondektur atau lebih yang akan memberikan pengawasan saat berdinas, mulai dari kesiapan perlengkapan dinas dan kelengkapan administrasi kondektur untuk berdinas.

3. KUPT (Kepala Urusan Pelaksana Teknis)

Pengertian UPT secara umum adalah satuan organisasi yang bersifat mandiri yang melaksanakan tugas teknis operasional dan/ tugas teknis dari organisasi induknya (Kantor Pusat).

Menarik kesimpulan diatas dapat kita simpulkan bawa KUPT adalah sebuah jabatan yang memimpin sebuah  organisasi disuatu daerah yang membawahi penyelia dan kondektur, yang mempunyai tanggung jawab penuh dengan UPT nya, mulai dari kebijakan, mengatur kedinasan, administrasi dan segala urusan yang berhubungan dengan kondektur di daerahnya.

4. Junior Manager (Asisten Manager)

Jenjang karir selanjutnya adalah junior manager. Untuk mencapai karir sebagai JM tentunya harus mempunyai keahlian dan sudah memiliki kompeten di bidangnya. Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat termasuk PT. KAI, membuatmu harus aktif dalam mengembangkan diri untuk bersiap  menghadapi tantangan dan ketatnya persaingan.

Junior manager memiliki tugas pada umumnya yaitu membantu manager dalam mengembangkan dan mensukseskan perusahaan agar tetap berjalan sesuai dengan visi dan misi perusahaan. JM juga bisa mengambil alih sebagai sebagai seorang manager saat manager tidak ada.

5. Manager

Untuk menjadi seorang Manager tentunya dibutuhkan seseorang yang berpengalaman, mempunyai wawasan yang luas dan kemampuan management yang bagus. Manager adalah posisi yang cukup tinggi disuatu perusahaan, namun tentunya setiap perusahaan mempunyai tingkat-tingkat, serta unit-unit yang berbeda dan memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Nah untuk mencapai posisi ini tentunya kalian benar-benar harus sangat kompeten dalam suatu bidang, dan dikembangkan melalui berbagai macam pembelajaran/ pengetahuan, dan hal-hal yang bisa mengembangkan kemampuan diri, untuk mencapai Visi dan Misi perusahaan.


Nah itulah beberapa tahapan jenjang karir untuk seorang kondektur, namun tidak menutup kemungkinan kamu bisa naik lagi ke pucuk jabatan tertinggi, karena jenjang karir sangat terbuka luas bagi orang-orang yang berkompeten. Hal ini tentunya bergantung pada usaha, do'a, dan rezeki yang telah ditakdirkan oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat.




uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

6 Komentar untuk "Adakah Jenjang Karir Kondektur??"

  1. Terimakasih infonya min, apakah itu juga berlaku bagi kondektur dari jalur SLTA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berlaku mas, semua mempunyai kesempatan. 😊

      Hapus
    2. Mas, untuk kondektur SLTA apakah kita bisa melanjutkan study ke jenjang yg lebih tinggi?

      Hapus
  2. Mas feby kapan kapan bikin tentang masinis soalnya saya cita cita jadi masinis .
    Biar tau syarat syarat jadi / gaji masinis/asisten masinis & berapa lama jenjang karir masini&asisten

    BalasHapus
  3. Baru aja saya lihat vlog Uda Febi yg terbaru yang naik jabatan jadi penyelia kondektur. Langsung penasaran dan cari tau, ketemu blog ini, eh gataunya blognya Uda Febi juga.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel