7 Langkah Sukses Seleksi Administrasi

Hallo teman-teman, terimakasih sudah berkunjung kembali pada blog ini. Pada artikel kali ini saya akan coba memberikan tips langkah sukses agar lulus seleksi administrasi, tips ini saya bagikan berdasarkan pengalaman dulu saat mengikuti seleksi PT. KAI .

Baik, mungkin kalian masih banyak yang bingung dan bertanya-tanya, kok saya bisa gagal administrasi ya? padahalkan cuma upload berkas dan isi biodata. Nah, jangan anggap sepele setiap proses seleksi ya teman-teman, terkadang hanya karena kesalahan kecil kamu bisa gagal dalam proses seleksi.

Lalu bagaimana cara agar sukses seleksi administrasi?  Berukut tahapannya :

1.  Harus sesuai kualifikasi

Recruitment KAI , Lowongan PT. KAI , Lowongan Pekerjaan , Rekrutmen BUMN Januari 2020: PT. KAI Buka Lowongan untuk Lulusan SMA
Sebelum mendaftar, pastikan berkasmu sudah sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan, seperti :
Untuk lowongan kondektur, yang dibutuhkan adalah dari lulusan SMA/MA(IPA/IPS) dan SMK/MK (PARIWISATA). Jika berkas/ ijazahmu tidak sesuai dengan persyaratan, jangan memaksakan untuk Apply lowongan kondektur, pastinya kamu akan gagal karena tidak sesuai dengan kualifikasi.

Nilai minimal adalah 7, jika nilaimu tidak mencukupi dan tetap memaksakan untuk mendaftar, tentunya kamu juga akan gagal dalam tahapan administrasi.

2 contoh diatas bisa menjadi gambaran yang mutlak ya teman-teman, pastikan posisi yang kamu ambil harus sesuai dengan ijazahmu.


2.  Teliti dalam mengisi biodata saat registrasi


Ini adalah langkah awal saat proses pendaftaran, menu ini akan muncul pada menu registrasi. Disana ada kolom yang harus kamu isi, mulai dari No KTP, Nama lengkap, Tempat lahir, dan seterusnya. Harus teliti yaa teman-teman, pastikan kamu menginput dengan benar.

Hal yang perlu saya tekankan disini adalah saat pengisian ID KTP, Email, Username dan password. Mengapa? Karena ini saling terhubung. Untuk Id KTP hanya bisa digunakan 1 kali, dan verifikasi pendaftaran akan dikirimkan melalui email, seperti gambar di bawah ini.





Kemudian Username dan password adalah tahapan untuk Login ke akun pendaftaran, jadi buatlah username dan password semudah mungkin agar lebih gampang diingat. Untuk jaga-jaga buatlah catatan khusus, bisa di kertas atau di dalam HP.

3. Unggah berkas sesuai dengan sub judul/ jenis file


Saat upload berkas, perhatikan sub judul/ jenis berkas yang tersedia, jika jenis kolom ijazah, pastikan kamu mengupload ijazah, jangan sampai mengupload KTP ya, karena besar kemungkinan kamu akan gagal karena tidak sesuai saat mengupload berkas.


4. Hasil scan berkas harus jelas

Pastikan hasil scan berkasmu apakah sudah terlihat jelas atau belum, untuk itu saya menyarankan berkas jangan difoto menggunakan kamera HP, karena kebanyakan hasilnya akan buram. Sebaiknya scan berkas melalui mesin scan, agar hasilnya juga jelas dan dapat dibaca oleh panitia rekrutment.

Untuk kapasitasnya maksimal setiap file yang akan diupload adalah 2MB


5. Pas foto

Pas foto juga berpengaruh ya teman-teman, jd pastikan kamu menggunakan foto terbaru dengan latar berwarna biru dan menggunakan kemeja berwarna putih.


6. Jangan lupa Apply lowongan


Ini sangat penting ya teman-teman, setelah selesai membuat akun pendaftaran dan mengupload semua berkas, pastikan kamu melakukan Apply lamaran pada kolom lowongan. 

Karena jika tidak Apply semuanya akan sia-sia, kamu dianggap tidak ikut serta dalam proses seleksi meskipun sudah menyelesaikan pengisian biodata dan upload berkas. Selanjutnya klik View More, nanti akan muncul menu seperti gambar dibawa ini,

Kemudian pilih formasi, dan pilih lokasi tes yang kamu inginkan. Terus scroll ke bawah, dan klik Apply  yang berada di kanan bawah.





7. Banyak berdo'a dan minta restu orang tua


Jangan lupa ya teman-teman, setiap usaha harus diiringi dengan do'a dan restu dari orang tua, karena ridho dari orang tua adalah Ridho Allah, yang akan memudahkanmu untuk menuju kesuksesan. 


Nah itulah 7 langkah sukses agar lulus seleksi administrasi, ini berdasarkan pengalaman pribadi yaa teman-teman, somoga bermanfaat dan Good Luck untuk kalian. 

uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

9 Komentar untuk "7 Langkah Sukses Seleksi Administrasi "

  1. Trims. Min sudah share .
    Di atas bnr semua saya pernah apply namun ada satu syarat jurusan ga sesuai saya pun memaksakan akhir nya awal pun gagal..

    BalasHapus
  2. tetap semangat yaa ๐Ÿ˜Š, pastikan semuanya sudah sesuai dengan persyaratan.. kalaupun tidak memenuhi, masih banyak rezeki yg lebih baik di luar sana..

    BalasHapus
  3. Min saya terkendala ngupload berkas dan foto, keterangan dbuat Error in exception handler, gimana min solusinya? Smntara 2hari lagi tutup, mohon min๐Ÿ™

    BalasHapus
  4. sering2 aja klik tombol save yaa mas, kemungkinan besar karena banyak yg akses web, jd servernya sibu..

    BalasHapus
  5. Pak. Saya salah di bagian foto tidak pakai kemeja putih. Apa masih ada harapan untuk lolos ke tahap selanjutnya ya?

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum, mau tanya kalo jurusan akuntansi smk itu masuk pariwisata bukan ya? sy pengen daftar jd kondektur.

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum Min Tahapan Lulus Versi Masinis Min

    BalasHapus
  8. Mohon ijin kak, untuk nilai yang digunakan nilai rata-rata UN atau nilai rata-rata UN dan Rapot ( jmlh nilai UN+RAPOT:2 ) Mohon infonya kak, Terima Kasih

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum mohon ijin min ketika sudah apply terus tinggal menunggu atau bagamain min๐Ÿ™

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel