4 Ciri-ciri Rekrutmen Palsu

Akhir-akhir ini banyak sekali kasus penipuan lowongan pekerjaan yang mengatas namakan PT. Kereta Api Indonesia. Mulai dari kasus rekrutmen polsuska, yang mana banyak para pendaftar yang tertipu dan tertahan di stasiun Gambir, karena akan berangkat ke Jogja untuk mengikuti diklat dengan menggunakan tiket palsu.

Kemudian kasus penipuan terakhir membawa nama-nama pejabat PT. KAI untuk menjamin kelulusan.



Untuk itu saya pribadi menghimbau kepada teman-teman agar selalu berhati-hati terhadap informasi lowongan pekerjaan. Pada artikel kali ini saya akan berbagi informasi apa saja ciri-ciri rekrutmen palsu yang mengatasnamakan PT. KAI :

1. Tidak melalui web resmi

Saat rekrutmen, PT. KAI selalu memberikan informasi lowongan melalui web resmi yaitu https://recruitment.kai.id/ , jika kamu mendaftar tidak melalui web ini, ada kemungkinan indikasi penipuan. Untuk memastikan kebenarannnya cobalah untuk membuka situs web resmi terlebih dahulu, atau kamu juga bisa menanyakan  kepada Contact Center 121.

2. Tidak melalui JOB FAIR resmi, mendaftar cukup hanya melalui email, atau Sms.

Waspadalah jika kamu diundang untuk datang dan mendaftar di lokasi tertentu, pastikan apakah itu dari JOB FAIR yang resmi atau bukan.  Untuk mendaftar sebagai calon pegawai, tidak cukup hanya melalui email atau sms saja, kamu diwajibkan untuk mengisi biodata, mengupload berkas-berkas yang telah ditentukan oleh perusahaan dan tentunya hanya melalui Web Resmi.

3. Menjamin kelulusan

Jika sudah memastikan kebenaran informasi lowongan, kamu juga harus berhati-hati terhadap oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjanjikan kelulusan. Tidak ada jaminan kelulusan untuk menjadi seorang pegawai, karena selama proses rekrutmen PT. KAI itu 100% murni dan harus melalui berbagai rangkaian tes.

4. Mengimingi jabatan dan meminta sejumlah uang

Seperti kasus penipuan yang baru-baru ini terjadi, yang menurut informasi lebih kurang 43 orang yang sudah menjadi korban. Para korban diiming-imingi posisi/ jabatan dan meminta sejumlah uang sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Perlu kamu ketahui bahwa Rekrutmen PT. KAI tidak memungut biaya sedikitpun, alias GRATISS!!. Jika kamu menemukan hal ini, segera laporkan kepada pihak SDM, CC 121, atau ke pihak berwajib agar bisa ditindak lanjuti.

Nah itulah 4 poin penting yang harus kamu waspadai saat ada informasi lowongan pekerjaan dari PT. KAI, jangan mudah tergiur dengan tawaran yang tidak masuk akal. Semoga bermanfaat.


uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

2 Komentar untuk "4 Ciri-ciri Rekrutmen Palsu"

  1. Assalamualaikum wr.wb

    Mau tanya utk kualifikasi menjadi kondektur kai apa aja ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsallam.

      Untuk persyaratan administrasi bisa saja berbeda setiap rekrutmen, tergantung dengan kebutuhan perusahaan. Untuk rekrutmen terakhir dengan lulusan SMA/SMK semua jurusan.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel