Yuk!! Lakukan Social Distancing

Mengingat penularan wabah virus corona yang cukup cepat, tentunya kita perlu mengambil langkah yang tepat untuk mencegah penularan virus ini, salah satunya Social Distancing. 

Social Distancing di Indonesia sudah mulai diterapkan di berbagai perusahaan, dan di tempat umum lainnya seperti stasiun, guna untuk mencegah penularan virus ini.

Lalu apa itu Social Distancing?
Kalau kita artikan ke bahasa indonesia adalah pembatasan sosial. Menurut pakar kesehatan, Social distancing adalah langkah yang tepat untuk mencegah penyebaran virus ini, kita perlu saling menjaga jarak dengan orang lain agar tidak ada yang tertular maupun ditularkan dari penyakit tersebut.

Namun langkah ini tentunya bukan sepenuhnya 100% dapat mencegah penularan, namun bisa memperlambat penyebaran virus.

PT. KAI juga telah mengambil langkah untuk menerapkan Social Distancing di area stasiun keberangkatan, seperti stasiun pasar senen dan stasiun gambir.



Gambar diatas adalah area masuk menuju boarding stasiun gambir. Terlihat ada batasan-batasan/ jarak untuk penumpang yang akan boarding. Batasan ini juga diterapkan di area lainnya, seperti ruang tunggu, tempat antrian cetak tiket, loket pembatalan tiket dan loket pembelian tiket Go Show.

Lalu apa saja langkah-langkah untuk menerapkan Social Distancing ini? Yuk langsung saja kita bahas :

1. Kurangi aktivitas berinteraksi langsung ditengah orang banyak

Jika teman-teman berada di area umum seperti stasiun, sebisa mungkin hindari aktivitas berinteraksi langsung ditengah orang banyak, seperti rapat atau diskusi kecil, karena besar kemungkinan virus ini akan lebih mudah menular saat dikeramaian.

2. Jaga jarak

Jika kamu terpaksa harus beraktivitas yang berhubungan dengan public, jagalah jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Seperti yang sudah di terapkan oleh PT. KAI.


Ini adalah foto di ruang tunggu pintu selatan Stasiun Bandung, terlihat ada batasan untuk tempat duduk yang diberi tanda "X". 

3. Hindari kontak langsung

Foto ini diambil dari akun instagram @keretaapikita

Penyebaran virus akan lebih mudah saat terjadinya kontak fisik. Jika kamu berpergian naik kereta api bersama rombongan, entah itu teman atau saudara, sebisa mungkin hindari kontak langsung (bersentuhan) dengan mereka.

Tidak bersalaman dengan teman atau kerabat tidak akan mengurangi hubungan emosional kalian, karena sehat bersama-sama jauh lebih penting untuk saat ini.

4. Minta bantuan


Jika kamu sedang sakit, atau tiba-tiba sakit di dalam perjalanan dan membutuhkan tindakan medis, silahkan hubungi kondektur yang bertugas melalui no HP yang sudah terpasang di ujung depan kereta. Kemudian kondektur akan menyampaikan ke pada pihak stasiun perhentian yang tersedia pos kesehatan.

Kemudian, jika di keretamu ada tempat duduk yang kosong, silahkan pilih atau pindah ke tempat duduk yang lain, yang memungkinkan untuk berjauhan dengan penumpang lainnya. 

Nah itulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk Social Distancing. Namun sekarang pertanyaannya adalah Social Distancing sampai kapan? Secara pribadi saya juga tidak bisa menjawab pertanyaan ini.

Kita semua berharap agar virus ini bisa segera teratasi dan tim kesehatan bisa menemukan obatnya. Selama virus ini masih ada tentunya Social Distancing adalah langkah yang tepat untuk kita lakukan saat ini.

Tetap jaga ya kesehatan teman-teman, jangan lupa minum vitamin agar imun kalian tetap dalam kondisi terbaik. Do'akan kami yang sampai saat ini masih bekerja untuk kamu yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.  😊🙏
uda feby Feby Pratama. Kondektur PT. KAI 2016 s.d. Sekarang

6 Komentar untuk "Yuk!! Lakukan Social Distancing"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel